Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Bekukan Makanan dengan Baik untuk Jualan Frozen Food

Kompas.com - 08/07/2020, 14:46 WIB
Syifa Nuri Khairunnisa,
Yuharrani Aisyah

Tim Redaksi


JAKARTA, KOMPAS.com – Memulai bisnis frozen food, ada beberapa hal yang perlu kamu ketahui. Salah satunya adalah cara pengemasan frozen food yang baik agar kondisi makanan terjaga dengan baik.

Menyimpan makanan di dalam freezer memerlukan cara yang berbeda dari sekadar menyimpan makanan dalam suhu ruang atau kulkas chiller.

Baca juga: Tips Mulai Bisnis Kuliner pada Masa Pandemi dari Chef Arnold

“Kalau frozen kan supaya dia tahan lama jadi packaging harus aman dan rapat. Kalau enggak benar nanti dia enggak akan tahan lama.

Takutnya mengubah cita rasanya juga jadi enggak sesuai yang diharapkan,” kata Astri Putri Ardi, owner brand frozen food Hoki Foods, ketika dihubungi Kompas.com, Selasa (7/7/2020).

Maka dari itu, kamu harus memastikan kemasan frozen food kedap udara. Kamu bisa menggunakan kemasan apa pun, mulai dari kotak makanan plastik atau pun plastik kemasan makanan pada umumnya.

Frozen Food Mi Ayam Es Teler 77 yang masih terbungkus plastik beku.KOMPAS.com/NICHOLAS RYAN ADITYA Frozen Food Mi Ayam Es Teler 77 yang masih terbungkus plastik beku.

Untuk pengemasan dengan kotak makanan plastik, kamu bisa memberi lakban di sekeliling kotak pengemasan khususnya di celah penutup antara tutup kemasannya untuk memastikan tak ada udara yang keluar.

Selain itu, setelah makanan selesai diolah dan suhunya sudah cukup dingin, langsung kemas dengan rapi dan simpan di dalam 

Apa pun kemasan yang digunakan, pastikan saja kedap udara. Jika kamu punya mesin vacuum, bisa juga melakukan vacuum pada kemasan frozen food agar memastikan benar-benar kedap udara.

“Kalau enggak di-vacuum juga enggak apa-apa. Kalau vacuum itu lebih aman di perjalanan saja. Dikirim ke customer yang agak jauh kalau vacuum itu mengurangi resiko barang rusak,” papar Astri.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com