Tips Mulai Bisnis Kuliner pada Masa Pandemi dari Chef Arnold

Kompas.com - 01/07/2020, 11:16 WIB
Ilustrasi UMKM makanan dan minuman. Dokumentasi Biro Komunikasi Kementerian Pariwisata dan Ekonomi KreatifIlustrasi UMKM makanan dan minuman.

JAKARTA,KOMPAS.com  - Pada masa pandemi, jangan kubur niatmu untuk meluncurkan bisnis makanan dan minuman yang ingin kamu rintis.

"Para UMKM yang mau memulai berbisnis, silahkan. Kalau orang bilang bisnis sulit 'yes', tetapi untuk kesempatannya itu sangat banyak dan besar sekali. Mulai dari PO di rumah, bisa pakai platform sendiri untuk ikut pembinaan," papar Arnold Poernomo. 

Hal ini disampaikan saat Dialog Webinar "Resep UMKM Kuliner Bangkit Bersama GoFood" pada Senin (29/6/2020).

Baca juga: Resep Dimsum Hakau dari Kementerian Kelautan dan Perikanan, Bisa untuk Jualan

Ia juga menyarankan untuk tidak takut dalam mulai bisnis kuliner. Arnold memaparkan jika tipsnya adalah mempersiapkan produk dengan baik dan mulai saja dulu.

Kamu juga bisa melakukan promosi dari Instagram yang pada dasarnya gratis. Produk dijual kepada orang terdekatmu terlebih dahulu. 

Di samping produk dan promosi, calon pebisnis juga harus memikirkan mengenai kebersihan. Sebab faktor ini sangat dibutuhkan konsumen pada masa pandemi virus corona.

Ia menyarankan jika UMKM harus mengikuti protokol kesehatan yang telah diterapkan oleh pemerintah, menjaga kebersihan dapur dan tempat produksi.

Baca juga: Renny Sutiyoso Jualan Rawon Buntut Selama Pandemi, Intip Bisnisnya Yuk

Kemasan makanan juga harus diperhatikan sebaik mungkin, contohnya paket makanan dibungkus dengan vacum pack dan karyawan yang mengemas menggunakan hand glove.

Interaksi mitra pengemudi Gojek dengan mitra restoran GoFood.Dok Humas Gojek Interaksi mitra pengemudi Gojek dengan mitra restoran GoFood.

Selain itu jangan lupa untuk ikut dan bergabung dengan platform digital yang menawarkan layanan untuk go online kepada UMKM. 

"Selain produk harus bagus, jangan takut, dan pakai semua platrform promosi yang ada, manfaatkan platform dan partner yang saling support, dari segi pelatihan, informasi, fasilitas (dapur bersama misalnya)," papar Arnold. 

Baca juga: 5 Dessert Kekinian yang Bisa Jadi Ide Jualan

Arnold juga mengatakan jika bisnis sekarang sangat mudah karena platform tersedia dan terdapat banyak fasilitas di dalamnya.

"Jangan malu-malu menggunakan promo itu, supaya bisa memosisikan bisnis tersebut di promo itu," tambanhnya.


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X