Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Kemas Frozen Food agar Bisa Kirim Antar Kota dan Pulau

Kompas.com - 08/07/2020, 18:12 WIB
Syifa Nuri Khairunnisa,
Silvita Agmasari

Tim Redaksi


JAKARTA, KOMPAS.com – Pandemi corona membuat banyak orang yang beralih membeli frozen food atau makanan beku secara online.

Frozen food Tak hanya bisa dikirim untuk jarak dekat saja, sudah banyak pengiriman frozen food yang menjangkau antar kota bahkan antar pulau.

Demi memastikan frozen food sampai ke pelanggan luar daerah dengan kondisi yang baik, maka ada beberapa hal yang harus diperhatikan.

Owner frozen food merek Hoki Foods, Astri Putri Ardi mengatakan, salah satu yang harus diperhatikan untuk pengiriman frozen food antar kota adalah durasi pengiriman.

Wajibnya mengambil layanan pengiriman kilat sehari sampai. 

Baca juga: Mau Mulai Bisnis Frozen Food? Begini 4 Tips dari Pelaku Usaha

“Karena ketahanan (frozen food) paling baik itu satu hari sampai. Kalau di atas 2-3 hari kita enggak bisa,” kata Astri ketika dihubungi Kompas.com, Selasa (7/7/2020).

Selain menggunakan durasi pengiriman yang cepat, pengemasan frozen food juga harus dilakukan dengan baik untuk menghindari makanan rusak selama pengiriman.

Apalagi frozen food nantinya akan meleleh di perjalanan. Apabila tidak dikemas dengan baik bisa membasahi barang lainnya.

Selain pengiriman, ada beberapa hal lain yang harus diperhatikan dalam mengemas frozen food khususnya untuk dikirim antar kota.

Pertama, pastikan makanan masih benar-benar beku ketika akan dikirim.

Baca juga: Terjun ke Bisnis Frozen Food, Berapa Untungnya?

Kemudian Astri menyarankan untuk mengemas makanan dengan lapisan bubble wrap lebih dahulu. Pastikan frozen food terbungkus rapi dan rapat dengan bubble wrap.

Ilustrasi frozen foodPixabay Ilustrasi frozen food

Setelah itu, baru masukkan ke dalam kardus pengiriman. Pasalnya jika tidak dikemas dengan bubble wrap dan kardus, frozen food bisa saja hancur selama di perjalanan.

Jika sudah menggunakan bubble wrap kamu tak perlu menggunakan plastik wrap lagi karena air dari frozen food tak akan bocor.

Bubble wrap yang lumayan tebal baru masuk kardus. Itu cukup sih supaya dia enggak bocor dan enggak akan goyang-goyang,” terang Astri.

Baca juga: Cara Bekukan Makanan dengan Baik untuk Jualan Frozen Food

“Paling penting satu hari sampai. Ini juga ada kurir gitu yang biasa kirim ke luar kota dan kita bisa simpan dulu di freezer kantor pusatnya dia sebelum dikirim. Itu lebih aman," jelas Astri.

Jika kamu memiliki mesin vakum makanan di rumah, kamu juga bisa mengemas frozen food  agar hampa udara.

Menurut Astri, kemasan hampa udara bisa mengurangi risiko makanan hancur selama di perjalanan.

“Kalau vakum enggak goyang-goyang (makanannya) dan lebih awet juga sih. Kalau enggak divakum gitu takutnya di jalan rusak atau ketimpa makanan yang lain jadinya hancur,” pungkasnya. 

Baca juga: Resep Dimsum Hakau dari Kementerian Kelautan dan Perikanan, Bisa untuk Jualan

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com