Berkebun Selama Pandemi, Hasilkan Sayuran Sehat dan Lepas Stress

Kompas.com - 05/07/2020, 21:12 WIB
Ilustrasi Mengajak anak berkebun SHUTTERSTOCKIlustrasi Mengajak anak berkebun


JAKARTA, KOMPAS.com – Berkebun di rumah bisa jadi salah satu aktivitas menarik yang bisa kamu lakukan selama masa pandemi ini.

Baca juga: Perhatikan 3 Hal Ini agar Tak Gagal Berkebun di Rumah

Selain mengisi kegiatan di rumah aja, kamu juga bisa menghasilkan sayuran sehat yang bisa kamu konsumsi sendiri. Membuat bahan masakan yang kamu gunakan jadi lebih sehat dan mudah diperoleh.

Untuk melakukannya, Sita Pujianto, praktisi urban farming dan petani kota yang telah berkebun di rumahnya sejak 2013 menyarankan untuk mempelajari ilmu berkebun dengan cukup seksama.

“Ilmu berkebun itu banyak dibagikan di Instagram jadi enggak ada alasan enggak belajar. Bisa juga dengan baca buku atau literatur yang pas,” jelas Sita dalam acara Dalam acara Environmental Week Rancang Bangun Kebun Urban: Kebaikan Aktivitas Berkebun untuk Tatanan Warga Kota yang Lebih Baik yang diselenggarakan IDEA dan #SAYAPILIHBUMI, Sabtu (4/7/2020).

Tips mencari buku atau literatur untuk referensi yang tepat adalah dengan mencari bahasan yang mirip dengan kondisi rumah kita.

Ilustrasi tanaman hidroponik pada hunian modern. SHUTTERSTOCK/ESSTOCK Ilustrasi tanaman hidroponik pada hunian modern.

“Kalau kita bakal menanam di tanah ya cari referensi menanam di tanah,” sambung Sita.

Tak hanya mempelajari soal menanam secara dasar saja, tapi ada baiknya kamu juga mencari tahu soal kompos, pupuk, dan tata cara mencegah hama.

Lalu untuk memilih jenis tanaman apa yang kamu tanam, ada baiknya jika kamu menanam tanaman yang mudah dan cepat dipanen.

“Itu penting karena orang yang enggak bisa menanam terus mulai menanam itu biasanya ingin cepat panen. Mereka enggak sabar mentalnya, dan merasa lebih cepat pesan makanan saja,” jelas Sita.

Beberapa sayuran yang mudah diurus dan cocok untuk penanaman selama pandemi adalah daun bawang dan seledri yang bisa ditumbuhkan dengan cara regrow.

Selain menanam sayuran dengan cara regrow, kamu juga bisa memanfaatkan sisa konsumsi untuk menjadi benih dan bibit.

Karena tak bisa banyak keluar rumah untuk membeli bibit dan benih, kamu bisa coba sisa konsumsi seperti cabai dan tomat yang memiliki biji. Semua yang berbiji bisa ditanam kembali untuk jadi sumber bibit dan benih.

Kamu juga harus memperhatikan sayuran apa yang tepat ditanam. Caranya adalah dengan melihat sebanyak apa kebutuhan sayuran keluargamu.

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X