Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 05/07/2020, 21:12 WIB
Syifa Nuri Khairunnisa,
Yuharrani Aisyah

Tim Redaksi


JAKARTA, KOMPAS.com – Berkebun di rumah bisa jadi salah satu aktivitas menarik yang bisa kamu lakukan selama masa pandemi ini.

Baca juga: Perhatikan 3 Hal Ini agar Tak Gagal Berkebun di Rumah

Selain mengisi kegiatan di rumah aja, kamu juga bisa menghasilkan sayuran sehat yang bisa kamu konsumsi sendiri. Membuat bahan masakan yang kamu gunakan jadi lebih sehat dan mudah diperoleh.

Untuk melakukannya, Sita Pujianto, praktisi urban farming dan petani kota yang telah berkebun di rumahnya sejak 2013 menyarankan untuk mempelajari ilmu berkebun dengan cukup seksama.

“Ilmu berkebun itu banyak dibagikan di Instagram jadi enggak ada alasan enggak belajar. Bisa juga dengan baca buku atau literatur yang pas,” jelas Sita dalam acara Dalam acara Environmental Week Rancang Bangun Kebun Urban: Kebaikan Aktivitas Berkebun untuk Tatanan Warga Kota yang Lebih Baik yang diselenggarakan IDEA dan #SAYAPILIHBUMI, Sabtu (4/7/2020).

Tips mencari buku atau literatur untuk referensi yang tepat adalah dengan mencari bahasan yang mirip dengan kondisi rumah kita.

Ilustrasi tanaman hidroponik pada hunian modern. SHUTTERSTOCK/ESSTOCK Ilustrasi tanaman hidroponik pada hunian modern.

“Kalau kita bakal menanam di tanah ya cari referensi menanam di tanah,” sambung Sita.

Tak hanya mempelajari soal menanam secara dasar saja, tapi ada baiknya kamu juga mencari tahu soal kompos, pupuk, dan tata cara mencegah hama.

Lalu untuk memilih jenis tanaman apa yang kamu tanam, ada baiknya jika kamu menanam tanaman yang mudah dan cepat dipanen.

“Itu penting karena orang yang enggak bisa menanam terus mulai menanam itu biasanya ingin cepat panen. Mereka enggak sabar mentalnya, dan merasa lebih cepat pesan makanan saja,” jelas Sita.

Beberapa sayuran yang mudah diurus dan cocok untuk penanaman selama pandemi adalah daun bawang dan seledri yang bisa ditumbuhkan dengan cara regrow.

Selain menanam sayuran dengan cara regrow, kamu juga bisa memanfaatkan sisa konsumsi untuk menjadi benih dan bibit.

Karena tak bisa banyak keluar rumah untuk membeli bibit dan benih, kamu bisa coba sisa konsumsi seperti cabai dan tomat yang memiliki biji. Semua yang berbiji bisa ditanam kembali untuk jadi sumber bibit dan benih.

Kamu juga harus memperhatikan sayuran apa yang tepat ditanam. Caranya adalah dengan melihat sebanyak apa kebutuhan sayuran keluargamu.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com