Perhatikan 3 Hal Ini agar Tak Gagal Berkebun di Rumah

Kompas.com - 05/07/2020, 20:39 WIB
Ilustrasi bercocok tanam, berkebun ShutterstockIlustrasi bercocok tanam, berkebun


JAKARTA, KOMPAS.com – Banyak orang beranggapan berkebun di rumah sendiri jadi hal yang sulit dilakukan karena membutuhkan banyak waktu dan tenaga.

Sita Pujianto, praktisi urban farming dan petani kota yang telah berkebun di rumahnya sejak 2013 menyebut berkebun di rumah adalah aktivitas yang tak terlalu sulit bahkan cenderung mudah.

Baca juga: Cara Tanam Cabai di Rumah, Tak Perlu Lahan Luas

Dalam acara Environmental Week Rancang Bangun Kebun Urban: Kebaikan Aktivitas Berkebun untuk Tatanan Warga Kota yang Lebih Baik yang diselenggarakan IDEA dan #SAYAPILIHBUMI, Sabtu (4/7/2020), Sita menyebut tiga komponen keberhasilan dalam berkebun.

Kondisi tanah

“Kita sering terpacu dengan kalimat tanaman enggak subur karena pupuk tidak bagus. Bukan itu, tapi tanah yang belum diberi nutrisi. Kondisi tanah yang akan menentukan keberhasilan berkebun,” kata Sita.

Varietas tanaman

Ilustrasi berkebun di rumahPexels Ilustrasi berkebun di rumah

Selain kondisi tanah, varietas tanaman juga menentukan keberhasilan berkebun. Kamu harus tahu tanaman apa yang cocok ditanam di rumahmu. Sesuaikan tanaman tersebut dengan kondisi dataran di mana rumahmu berada.

Misalnya, jangan tanam wortel di dataran rendah seperti di Jakarta karena wortel idealnya tumbuh di iklim yang sejuk alias di dataran tinggi.

“Di Jakarta itu bisa tanam kangkung, bayam, sawi,” kata Sita.

Tanaman seperti kangkung, sawi, kailan, timun, kacang panjang, tomat, terung, timun, dan kembang kol cocok ditanam di dataran rendah.

Sementara jika rumahmu terletak di dataran tinggi, kamu bisa menanam hampir semua sayuran dan sayur khusus seperti wortel, kembang kol, kol, sawi putih, brokoli, dan masih banyak lagi.

Untuk mengetahui apakah tanaman tersebut cocok ditanam di rumah, kamu bisa melakukan riset terlebih dahulu.

“Biasanya di bagian keterangan benih suka ada informasi tanaman itu cocok ditanam di kondisi seperti apa. Sesuaikan saja,” sambung Sita.

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X