Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Amankah Makan Salmon di Masa Pandemi Virus Corona?

Kompas.com - 19/06/2020, 17:03 WIB
Yana Gabriella Wijaya,
Silvita Agmasari

Tim Redaksi

Sumber BBC

JAKARTA,KOMPAS.com - Supermarket dan restoran di seluruh Beijing, China, bergegas menarik salmon dari rak mereka. Sementara itu impor dari Eropa dihentikan.

Hal ini disebabkan kabar dari media setempat yang menyebutkan penemuan virus corona di talenan pemotong ikan salmon.  

Baca juga: Cara Pilih Ikan, Cumi-cumi, dan Seafood Lain yang Segar

Melansir BBC, pada Rabu (17/06/2020) diumumkan bahwa seorang lelaki berusia 22 tahun, yang bertugas membersihkan seafood beku ternyata positif Covid-19 di Tianjin, dekat Beijing.

Centre for Disease Control (Pusat Pengendalian Penyakit China) menyebutkan salmon bukan pembawa virus corona yang menyebabkan lonjakan kasus  di Beijing.  

Dalam sepekan terakhir Beijing mengalami lonjakan kasus Covid-19, mayoritas kasus berkaitan dengan pasar makanan grosir.

Beijing melaporkan kasus virus pertamanya setelah 57 hari tidak ada laporan mengenai penularan transmisi secara lokal. Kasus ini dilaporkan pada pekan lalu.

Setelah kasus tersebut ditemukan, angka kasus corona naik menjadi 150 kasus, dan hampir semuanya berkaitan dengan pasar grosir terbesar di kota Beijing.

Polisi yang mengenakan masker terlihat di luar Pasar Grosir Xinfadi, yang ditutup karena adanya penyebaran baru virus corona, di Beijing, China, pada 13 Juni 2020.REUTERS PHOTO/Martin Pollard Polisi yang mengenakan masker terlihat di luar Pasar Grosir Xinfadi, yang ditutup karena adanya penyebaran baru virus corona, di Beijing, China, pada 13 Juni 2020.

Pasar Xinfadi diketahui memasok 80 persen sayuran dan daging di seluruh Beijing. Produk tersebut digunakan oleh puluhan ribu orang per hari.

Namun tidak seperti pasar di Wuhan, di Pasar Xinfadi tidak ada bukti perdagangan satwa liar.

Juru bicara Beijing's Municipal Health Commission menjelaskan jika sekitar 40 sampel dari pasar dinyatakan positif terkena virus, beberapa di antaranya bukan dari talenan yang digunakan untuk memotong salmon.

Baca juga: Cara Mudah Bersihkan Kerang dan Hilangkan Bau Amis

Apakah salmon aman dikonsumsi saat ini?

Seorang pejabat di Chinese Centre for Disease Control mengatakan jika tidak ada bukti bahwa salmon dapat menjadi pembawa atau inang perantara untuk virus corona.

Wakil direktur pusat tanggap darurat CDC, Shi Guoqing, mengatakan tidak ada jejak virus corona pada salmon sebelum dijual ke pasar Xinfadi.

Ia menyimpulkan bukan salmon yang menjadi penyebab penyebaran virus corona beberapa pekan terakhir di Beijing.

"Virus harus bergantung pada reseptor virus yang ada pada permukaan sel inang untuk menginfeksi sel. Tanpa reseptor tertentu mereka tidak dapat masuk ke dalam sel dengan sukses," kata Cheng Gong, seorang ahli virus di Universitas Tsinghua kepada CGTN, dikutip dari BBC.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com