Kompas.com - 08/06/2020, 22:04 WIB
Aneka hidangan di RM Padang Surya, Bendungan Hilir, Jakarta. KOMPAS.com/Muhammad Irzal AdiakurniaAneka hidangan di RM Padang Surya, Bendungan Hilir, Jakarta.

JAKARTA, KOMPAS.com - Menyantap rendang atau gulai di restoran Padang, terlihat ciri khas area piring susun di bagian depan dan cara penyajian unik. Pramusaji membawa banyak sekali piring ke meja pelanggan. 

Rupanya ada cerita menarik di balik kedua ciri khas itu. Generasi kedua pemilik RM Surya, Daswir Gazali, menjelaskan hal tersebut.

Baca juga: Mengapa Ada Tradisi Hidang atau Prasmanan Mini di Restoran Padang?

Sebelumnya, RM Surya adalah rumah makan yang menyajikan makanan minang. RM Surya sudah mewarnai kuliner Ibu Kota sejak 1960.

"Palung itu namanya itu, jadi piring susun di depan (rumah makan) itu yang namanya palung," papar Daswir kepada Kompas.com, Senin (8/6/2020).

Para pramusaji yang identik membawa banyak piring yang ditumpuk adalah makanan dari palung yang sudah dihitung takarannya dan hendak disajikan secara prasmanan. Hal itu menjadi ciri khas yang melekat pada restoran Padang.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Suasana khas Restoran Padang, pelayannya membawa setumpuk piring di tangan.KOMPAS.COM/FIRA ABDURACHMAN Suasana khas Restoran Padang, pelayannya membawa setumpuk piring di tangan.

Daswir menyampaikan, cara seperti itu sudah ada sejak lama. Saat hari hajatan orang Padang, makanan akan disajikan dengan cara seperti itu dan diberikan kepada tamu.

Para tamu dulunya tidak duduk di atas kursi dan menghadap meja makan, tetapi semua duduk lesehan dan saling bercengkerama.

“Kalau dulu-dulu di kampung di Padang seperti itu (orang yang menyajikan membawa banyak piring), jadi dilihat berapa orang yang datang nanti jumlah makanan yang dibawa akan disesuaikan,” papar Daswir.

Cara itu yang akhirnya diterapkan di rumah makan Padang. Palung bukan hanya pajangan saja atau untuk menarik minat pengunjung. Namun palung adalah salah satu area inti dari rumah makan Padang.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.