Tips Memilih Kepiting yang Segar, Lihat Mata dan Kakinya

Kompas.com - 05/06/2020, 09:01 WIB
Kepiting Pedas di Singapura. ShutterstockKepiting Pedas di Singapura.

JAKARTA, KOMPAS.com  - Seafood yang segar aman untuk dikonsumsi dan lebih nikmat rasanya, untuk itu penting memilih seafood segar termasuk kepiting.

Sous Chef Aston Anyer Beach Hotel, Faiz Firmansyah, membagikan tips cara memilih kepiting yang segar.

"Kalau kepiting itu sebenarnya yang lebih bagus adalah kepiting hidup. Banyak kepiting yang segar dan masih hidup yang dijual di pasar," jelas Faiz kepada Kompas.com, Rabu (3/6/2020).

Walaupun masih hidup, ada pula kepiting yang sudah mulai lemas dan sudah terlalu lama dipajang untuk dijual.

Baca juga: Resep Kepiting Angeun Lada, Hidangan Seafood yang Mudah Dibuat

Kamu bisa mengamati gerak dan respon kepiting, ketika memilih kepiting.

Kepiting yang sehat, biasanya akan semakin lincah bergerak. Faiz menyarankan pembeli untuk mengamati bagian mata dan kaki kepiting.

Kamu bisa menggerakkan tanganmu dekat mata kepiting, jika mata kepiting merespon gerakan tersebut berarti kepiting masih segar dan sehat.

Baca juga: Cara Gampang Mengolah Kepiting Agar Tidak Mencapit, Taruh di Freezer

Kepiting jantan memiliki capit lebih bsar dan bentuk garis di badan yang lancip.Kompas.com/Silvita Agmasari Kepiting jantan memiliki capit lebih bsar dan bentuk garis di badan yang lancip.

Selain itu untuk melihat sehat atau tidaknya kepiting kamu bisa menarik kaki kepiting, kalau kepiting merespon dengan cepat dan lincah maka kepiting tersebut masih segar.

Namun tetap berhati-hati terhadap capitnya, walaupun capit kepiting pasti diikat dan tidak bisa mencapit tetapi tetap perlu waspada.

Selain mata dan kaki kepiting, lihat juga cangkang kepiting.

Faiz menyebutkan semakin keras cangkang kepiting maka akan semakin segar.  Apabila cangkang lebih lembek maka kualitas kepiting sudah tidak terlalu segar.

Baca juga: Bolehkah Makan Durian Barengan dengan Seafood?

Bau kepiting juga menentukan segar tidaknya kepiting. Faiz mengatakan kepiting yang segar memiliki bau khas laut, tetapi tidak terlalu amis.

“Bau kepiting yang segar tidak amis dan tidak anyir, ada bau amisnya tapi tidak terlalu menyengat,” papar Fais.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X