Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

3 Cara Membuat Nasi Pecel dan Rempeyek Kacang Tanah untuk Sarapan

KOMPAS.com - Nasi pecel yaitu terdiri dari nasi ditambah sayuran rebus yang dicampur bumbu kacang dan diberi beberapa lauk seperti tahu, tempe, telur, atau empal.

Bumbu pecel pada nasi pecel mudah cara membuatnya dari bahan kacang tanah, cabai rawit, cabai merah, kencur, daun jeruk purut, bawang putih, terasi goreng, gula merah dan asam jawa.

Nasi pecel berikut ini dilengkapi lauk yaitu, tahu bumbu bali, empal kelem, dan rempeyek kacang tanah, cocok untuk menu sarapan di rumah.

Simak cara membuat nasi pecel dan rempeyek kacang tanah, dikutip dari buku "Sajian Sedap Nusantara ala @dapoersikoko Hits di Instagram" (2021) karya Thea Utomo Semiawan terbitan PT Gramedia Pustaka Utama.

  • Resep Nasi Pecel Kawi Khas Malang, Lebih Wangi Tambah Kecombrang
  • Resep Pecel Telur Khas Tuban, Sarapan Praktis Sebelum Kerja

Cara membuat nasi pecel:

1. Bumbu pecel: campur semua bahan, haluskan. Beri air matang atau air panas secukupnya, sesuaikan dengan kekentalan yang dinginkan. Siap untuk disiram ke sayuran.

2. Tahu bumbu bali: tumis bumbu halus, serai, dan daun jeruk purut hingga harum, tuangi air, beri garam, gula merah, kecap manis, biarkan mendidih. Masukkan tahu goreng, aduk hingga air agak surut dan bumbu mengental. Angkat dan sajikan.

3. Rempeyek kacang tanah: campur semua bahan dan bumbu halus, aduk rata.

Panaskan minyak, tunggu sampai panasnya sedang, tuang melebar satu sendok sayur adonan di tepian wajan, siram-siram dengan minyak agar terlepas masuk ke dalam minyak.

Lanjutkan menggoreng hingga matang kecoklatan. Angkat dan tiriskan.

Buku "Sajian Sedap Nusantara ala @dapoersikoko Hits di Instagram" (2021) karya Thea Utomo Semiawan terbitan PT Gramedia Pustaka Utama bisa dibeli di Gramedia.com.

https://www.kompas.com/food/read/2023/05/13/070300975/3-cara-membuat-nasi-pecel-dan-rempeyek-kacang-tanah-untuk-sarapan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke