Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Akkar Juice Bar, Cafe Kekinian di Yogyakarta Sajikan Jus Sayur Segar

KOMPAS.com - Ada banyak cafe kekinian di Yogyakarta yang menarik untuk dikunjungi. Salah satunya yaitu Akkar Juice Bar. 

Berbeda dengan cafe pada umumnya yang menyajikan minuman seperti kopi, di sini kamu bisa menikmati aneka jus buah dan sayur segar dan menyehatkan. 

  • 8 Cafe di Yogyakarta yang Buka Pagi, Jam Operasional Mulai 08.00 WIB
  • Usaha Cokelat Sukses Dirintis Saat Pandemi, Trufflelogy Yogyakarta

Founder Akkar Juice Bar, Katarina Wilhelmina Sudjono atau akrab disapa Wina kepada Kompas.com membagikan ceritanya memulai usaha ini. Berikut penuturannya. 

Kisah awal Akkar Juice Bar

Wina menjelaskan bahwa latar belakang Akkar Juice Bar sendiri sebetulnya bermula dari keresahan pribadi dan partnernya, Ivan Pratama mengenai lingkungan dan kesehatan. 

Menurutnya, di zaman serba cepat ini beberapa orang kurang mindfull terhadap apa yang dikonsumsi, khususnya buah dan sayur. Oleh karena itu, Wina tergerak untuk membuat Akkar Juice Bar ini.  

"Kalau kesehatan lebih ke kita melihat kalau zaman sekarang semua serba cepat, kita semudah itu untuk konsumsi apapun, apalagi dengan online. Cuma dengan hal itu pun orang-orang less aware, kurang mindfull sama apa yang dikonsumsi. Terutama juga konsumsi buah dan sayuran itu juga kurang, karena kita kan makin lama yang penting makan," ucapnya, Kamis (10/02/2022). 

  • Perbedaan Food Loss dan Food Waste, dari Mana Asalnya?
  • Apa Bedanya Food Loss dan Food Waste? Limbah Makanan yang Jadi Masalah

Sementara, dari segi lingkungan sendiri Wina ingin membuktikan bahwa dunia food and beverage pun bisa bertanggungjawab dengan limbah yang dihasilkan. 

"Kalau dari segi lingkungan kita pengin coba buktiin kalau F&B itu juga bisa lebih responsible sama waste yang kita hasilkan. Jadi kita berusaha," tambah Wina. 

Berlatarbelakang hal tersebut, Wina dan Ivan lantas membuat sebuah juice bar dengan mengangkat campaign 'Start Small'.

Maksud dari campaign tersebut yakni mengajak serta menunjukkan bahwa dua hal tersebut sebetulnya bisa diraih melalui usaha-usaha kecil.

"Kalau kita itu angkat campaignnya 'Start Small'. Jadi kayak dari dua hal itu kita berusaha untuk bisa mulai dari hal kecil, jadi Akkar ini tuh ada buat kita sama-sama start small," tutur Wina. 

  • 2 Cara Membuat Smoothie Bowl yang Sehat dan Enak, Cocok untuk Diet
  • Resep Smoothie Susu Kedelai dan Stroberi untuk Kontrol Kolestrol

Lebih jauh, Wina menjelaskan bahwa Akkar Juice Bar mulai buka pada Februari 2020. Lalu, pada November 2021 mereka membuka cabang kolaborasi yang juga berlokasi di Yogyakarta.

"Iya, kami membuka Akkar baru saja Februari lalu, dan November tahun lalu kita membuka cabang berupa colaborating store bersama Dimsam," ujarnya.

Akkar Juic Bar menyajikan cold pressed juice dari sayuran dan buah serta smoothie.

Wina menjelaskan bahwa varian menunya diperoleh dari riset pribadi. Walau begitu ada pula beberapa ide menu dari timnya.

"Kita kalau untuk isinya saya sendiri yang membuatnya, yang riset di situ. Kemudian ada juga beberapa menu selain cold pressed juice yang buatan tim Akkar," kata Wina.

  • 15 Cafe di Sleman Yogyakarta yang Cocok untuk Kerja
  • 6 Tempat Makan Lotek di Yogyakarta, Bisa untuk Sarapan dan Makan Siang

Terkait pelanggan, Wina menuturkan bahwa pelanggan dine in dan take away kebanyakan memang anak muda.

Namun untuk subscriber atau pelanggan tetap yaitu ibu rumah tangga yang biasa membeli untuk konsumsi sehari-hari atau dibawa ke kantor. 

Cold pressed juice di Akkar Juice Bar disajikan dengan menggunakan botol kaca. Hal ini dilakukan supaya pembeli bisa menunggakan botolnya kembali. 

Rata-rata harga cold pressed juice tersebut Rp 35.000. Sementara, untuk smoothie mulai Rp Rp 38.000 - 45.000, lalu ada juga salad dengan harga mulai Rp 25.000.

  • Resep Jus Timun Air Kelapa, Minuman Detoks yang Menyegarkan
  • Cerita Sukses Geprek Bu Made Yogyakarta, Olah 50 Kg Ayam Per Hari

Ada beberapa menu best seller dari Akkar Juice Bar, yakni Power Plant yang terbuat dari kale, horenso, semangka kuning, dan apel.

Menu tersebut kerap jadi direkomendasikan untuk mereka yang belum biasa minum jus sayuran dan buah. 

Jika ingin mencoba kamu bisa datang ke Akkar Juice Bar yang beralamat di sekitar Jalan Taman Siswa, Wirogunan, Kecamatan Mergangsan, Kota Yogyakarta.

https://www.kompas.com/food/read/2022/02/18/210400875/akkar-juice-bar-cafe-kekinian-di-yogyakarta-sajikan-jus-sayur-segar

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke