Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

10 Tempat Makan Rawon Enak dan Legendaris di Malang, Ada Rawon Brintik

KOMPAS.com - Ada banyak makanan khas Jawa Timur yang bisa kamu coba ketika sedang berwisata. Salah satunya adalah rawon.

Olahan daging yang disajikan dengan kuah hitam ini banyak dijual di Malang dengan harga terjangkau.

Selain murah, rawon di beberapa tempat makan ini juga dikenal memiliki cita rasa enak yang berasal dari resep turun temurun sejak puluhan tahun lalu.

Selengkapnya, simak 10 tempat makan rawon di Malang yang enak dan legendaris berikut ini.

1. Rawon Brintik

Rawon Brintik merupakan tempat makan rawon tertua di Malang. Warung nasi ini berdiri sejak 1942.

Meski sudah berumur hampir 80 tahun, Rawon Brintik tetap mempertahankan cita rasa rawon yang masih sama enaknya seperti saat warung ini baru didirikan.

Bukan cuma rawon saja Rawon Brintik juga menyediakan beberapa menu lain, seperti Semur Daging, Nasi Bumbu Rujak Ayam, Nasi Kare Ayam Kampung, dan Nasi Campur.

Ada juga minuman di Rawon Brintik yang bisa cocok dipadukan dengan rawon, seperti Kopi Panas, Teh, Es Jeruk, dan Sirup.

Satu porsi rawon di Rawon Brintik dijual dengan kisaran harga Rp 20.000-an.

Kalau tertarik, kamu bisa datang langsung ke Rawon Brintik di Jalan KH Ahmad Dahlan Nomor 39, Sukoharjo, Kecamatan Klojen, Malang.

Rawon Brintik buka setiap hari mulai pukul 05.00-16.00 WIB.

2. Rawon Tessy

Tak perlu jauh-jauh mengitari Malang, kamu bisa langsung menemukan tempat makan rawon enak setelah turun di Stasiun Malang Kota Baru, yakni Rawon Tessy.

Rawon Tessy berada di dekat Stasiun Malang Kota Baru, tepatnya di Jalan Trunojoyo, Klojen, Kiduldalem, Kecamatan Klojen, Malang, Jawa Timur.

Menu yang tersedia di Rawon Tessy di antaranya adalah Nasi Rawon, Nasi Sup, Nasi Pecel, Nasi Bali Telur, Nasi Opor Ayam, dan Nasi Lodeh Pecel.

Tempat makan rawon yang buka setiap hari mulai pukul 07.00-22.00 WIB ini juga menyediakan minuman, seperti Teh Hangat, Jeruk Hangat, dan Es Jeruk.

Satu porsi rawon di Rawon Tessy dibanderol dengan kisaran harga Rp 20.000-an.

3. Rawon Rampal Malang

Selain menawarkan menu rawon yang enak, Rawon Rampal Malang juga dikenal sebagai tempat makan rawon legendaris di Malang.

Pasalnya, warung rawon yang berlokasi di Jalan Panglima Sudirman Nomor 71A, Kesatrian, Kecamatan Blimbing, Malang, Jawa Timur ini sudah berdiri sejak 1957.

Menu yang tersedia di Rawon Rampal Malang beragam. Kamu bisa memesan Nasi Rawon, Nasi Soto, Empal, Nasi Campur Ayam, Nasi Pecel, Nasi Campur Daging, dan Nasi Campur Babat.

Harga menu di Rawon Rampal Malang berkisar antara Rp 10.000-Rp 60.000 per porsi.

Jika tertarik, kamu bisa datang ke Rawon Rampal Malang setiap hari mulai pukul 07.00-14.00 WIB.

4. Pecel dan Rawon Glintung Bu Yatirah

Selanjutnya, kamu bisa menikmati rawon enak di Pecel dan Rawon Glintung Bu Yatirah yang berlokasi di Malang.

Tempat makan yang populer dengan nama Rawon Glintung ini menawarkan aneka menu, seperti Nasi Rawon, Nasi Krengsengan, Nasi Campur, Rawon 1 Porsi, Sayur Pecel, dan Sambal Pecel.

Rawon Glintung juga menyediakan beragam lauk, di antaranya adalah Sate Manis, Empal Goreng, Telur Ceplok, Ayam Goreng Telur, Telur Asin, Bakwan Jagung, dan Ampela Ati Goreng.

Pecel dan Rawon Glintung Bu Yatirah yang berlokasi di Jalan Letjend S. Parman Gang I Nomor 324, Purwantoro, Kecamatan Blimbing, Malang, Jawa Timur ini menjual sajian seharga Rp 1.000 hingga Rp 20.000 per porsi.

Kamu bisa mendatangi Rawon Glintung setiap hari mulai pukul 06.00-14.00 WIB.

5. Rawon Nguling

Nasi Rawon, Nasi Lodeh, Nasi Pecel, Rawon Daging, Rawon Dengkul, Gule Kambing, Penyet Telur, dan Urap Urap merupakan beberapa menu yang tersedia di Rawon Nguling.

Tak cuma itu saja, ada juga sajian lainnya, seperti Sayur Asem, Lodeh, Penyet Tahu, Perkel, Tahu Tempe, Pepes Tongkol, Sambal Goreng Tahu, dan Sup Sayur.

Satu porsi menu salah satu tempat makan rawon legendaris di Malang ini berkisar mulai Rp 10.000-Rp 100.000-an.

Rawon Nguling buka setiap hari pukul 07.00–15.30 WIB dan berlokasi di Jalan Zainul Arifin Nomor 62, Kiduldalem, Kecamatan Klojen, Malang, Jawa Timur.

 

6. Rawon Djenggot

Sudah berdiri sejak 1970-an, Rawon Djenggot termasuk salah satu tempat makan rawon legendaris di Malang.

Rawon Djenggot memiliki beragam menu enak yang bisa kamu coba, seperti Nasi Rawon, Nasi Soto Daging, Nasi Campur Lodeh, Nasi Campur Bali, dan Nasi Soto Ayam.

Rawon Djenggot juga menawarkan Telur Asin, Empal, Babat, Kerupuk Udang, dan Telur Ceplok sebagai tambahan menu.

Warung nasi rawon yang berlokasi di Jalan Simpang Kawi Nomor 1, Bareng, Kecamatan Klojen, Malang, Jawa Timur ini menjual seporsi rawon dengan harga mulai Rp 25.000.

Rawon Djenggot buka mulai setiap hari, kecuali Kamis, mulai pukul 07.00–00.00 WIB dan khusus Minggu pukul 07.00–14.00 WIB.

7. Warung Lama Haji Ridwan

Meski bukan spesialis warung rawon, Warung Lama Haji Ridwan menawarkan menu rawon yang tak kalah enak dari tempat makan lainnya.

Beberapa menu Warung Lama Haji Ridwan yang tersedia adalah Nasi Rawon, Nasi Sop Kikil, Nasi Ayam Goreng, Nasi Gulai Kambing, dan Nasi Pecel Sayur.

Selain itu, ada juga Nasi Campur Biasa, Nasi Sop Kikil, Nasi Rendang, Nasi Sambal Ati, Nasi Rujak Cingur, dan Nasi Tempe Penyet.

Satu porsi menu Warung Lama Haji Ridwan dijual seharga Rp 10.000-Rp 20.000-an.

Jika tertarik, kamu bisa mendatangi Warung Lama Haji Ridwan di Pasar Besar Malang Lantai Dasar Unit B15 -16, Jalan Pasar Besar, Sukoharjo, Klojen, Sukoharjo, Kecamatan Klojen, Malang, Jawa Timur setiap hari mulai pukul 08.00–16.00 WIB.

8. Warung Soto dan Rawon Kiroman

Tempat makan rawon selanjutnya yang berlokasi di Jalan Yulius Usman Nomor 52, Kasin, Kecamatan Klojen, Malang, Jawa Timur, ini menyediakan menu rawon enak.

Warung Soto dan Rawon Kiroman menawarkan menu Nasi Rawon, Kare Ayam, Ayam Goreng, Nasi Sop, Nasi Gule, Ayam Panggang, dan Nasi Campur.

Tak cuma itu saja, Warung Soto dan Rawon Kiroman juga menjual aneka minuman, seperti Es Beras Kencur, Es Dawet, Es Soda Gembira, Kopi Hitam, dan Jeruk Hangat.

Menu di Warung Soto dan Rawon Kiroman dijual dengan kisaran harga Rp 20.000-an per porsi.

Kamu bisa datang ke Warung Soto dan Rawon Kiroman setiap hari mulai pukul 07.00-16.00 WIB.

9. Depot Asri Bu Saeroeun

Depot Asri Bu Saeroeun menjual beragam menu, seperti Rawon, Nasi Pecel, Nasi Campur, Nasi Bali Daging, Lodeh Tahu, Dendeng Ragi, Kare Ayam, Soto Daging, dan Sate Komoh.

Menu di Depot Asri Bu Saeroeun tersebut dijual dengan harga mulai dari Rp 9.000-Rp43.000 per porsi.

Ada juga beberapa minuman yang tersedia di Depot Asri Bu Saeroeun, di antaranya adalah Es Jeruk Nipis, Es Blewah, Es Lemon Tea, Es Susu Moka, Teh Panas, dan Es Susu Cokelat.

Depot Asri Bu Saeroeun berlokasi di Jalan Dr Cipto Nomor 6, Rampal Celaket, Kecamatan Klojen, Malang, Jawa Timur dan buka setiap hari mulai pukul 06.00-17.00 WIB.

10. Pecel dan Rawon Merapi

Terakhir, kamu bisa mengunjungi tempat makan Pecel dan Rawon Merapi di Malang jika ingin menyantap rawon enak.

Pecel dan Rawon Merapi menyediakan beragam menu, seperti Nasi Rawon, Lontong Sayur, Nasi Pecel, Nasi Kare Ayam, Gado-gado, dan Nasi Campur Ayam.

Harga menu di Pecel dan Rawon Merapi berkisar antara Rp 13.000-Rp 20.000-an per porsi.

Pecel dan Rawon Merapi berlokasi di Jalan Merapi, Oro Oro Dowo, Klojen, Malang, Jawa Timur dan buka setiap hari mulai pukul 06.00-20.00 WIB.

https://www.kompas.com/food/read/2022/01/03/213200775/10-tempat-makan-rawon-enak-dan-legendaris-di-malang-ada-rawon-brintik

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke