Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

3 Cara Masak Kulit Tomat Sisa, Jadikan Bumbu yang Bikin Masakan Lezat

KOMPAS.com - Kalau kamu rutin membuat saus tomat sendiri, jangan buang sisa kulit tomat. Kamu dapat mengolah sisa kulit tomat menjadi kaldu atau bumbu bubuk yang bikin masakan semakin lezat.

Terdapat tiga cara mudah mengolah kulit tomat yaitu dibekukan, dikeringkan, dan digoreng. Tidak diperlukan alat khusus untuk masak sisa kulit tomat.

Ikuti tips masak sisa kulit tomat dari Epicurious berikut.

Hampir semua kulit sayuran dan buah dapat diolah menjadi kaldu walaupun biasanya yang rasanya pahit dihindari. Salah satunya adalah sisa kulit tomat.

Setelah mengupas tomat, simpan kulitnya di dalam plastik kedap udara. Pastikan kulit tomat tidak tercampur kotoran atau debu. Kumpulkan kulit tomat dengan kulit sayur dan buah lainnya.

Kalau sudah mencukupi, kamu dapat merebus kulit tomat dan sayuran lain untuk dijadikan kaldu. Rasa kaldu dari kulit tomat cenderung manis dan asam, tergantung dari jenis tomat dan kematangannya.

2. Keringkan untuk jadi bumbu bubuk

Ada cara lain mengolah sisa kulit tomat yaitu dikeringkan untuk dijadikan bumbu bubuk.

Selain oven, bisa juga mengeringkan kulit tomat menggunakan microwave, seperti cara dari Serious Eats berikut.

  1. Siapkan kulit dari delapan buah tomat. Letakkan di atas piring tahan panas yang dialasi tisu makan. Jangan tumpuk kulit.
  2. Masukkan microwave. Panaskan selama empat menit dengan panas maksimal. Matikan selama 20 detik. Panaskan lagi sampai kulit kering. Keluarkan dari microwave.
  3. Masukkan kulit tomat kering, 1/4 sendok teh garam, dan 1/4 sendok teh gula ke dalam penggiling bumbu, ulekan, atau blender. Haluskan sampai menjadi bubuk.
  4. Simpan di dalam stoples.

Kamu juga bisa mencampur bubuk tomat dengan takaran garam cukup banyak sehingga menjadi garam tomat.

Bubuk tomat bisa  menjadi campuran sup, pasta, kentang goreng, garlic bread, maupun steak.

3. Goreng untuk topping

Cara mengolah sisa kulit tomat selanjutnya adalah digoreng. Cukup siapkan minyak banyak di dalam wajan, panaskan. Kemudian goreng kulit tomat sampai renyah. Angkat dan tiriskan.

Kulit tomat goreng bisa untuk topping pasta, salad, maupun masakan lain sesuai seleramu.

https://www.kompas.com/food/read/2021/11/09/150357775/3-cara-masak-kulit-tomat-sisa-jadikan-bumbu-yang-bikin-masakan-lezat

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke