Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

7 Makanan Lokal Indonesia untuk Sajian Vegan, dari Nasi Goreng hingga Cendol

KOMPAS.com - Sajian vegan tidak terbatas pada jenis sayuran dan buah. Ada beragam makanan dan minuman vegan yang bisa dibuat dari bahan lokal.

Beberapa sajian vegan yang bisa dibuat dari bahan lokal dan aman dikonsumsi adalah nasi goreng, tempe goreng, dan sayur asem.

Selengkapnya, simak tujuh sajian vegan dari bahan lokal yang bisa dijadikan rekomendasi menu vegan untuk dibuat sendiri di rumah berikut ini.

1. Nasi goreng

Nasi goreng merupakan salah satu makanan yang bisa dibuat dari berbagai bahan lokal, seperti beras, aneka bumbu, dan sayur.

Tanpa telur atau daging, kamu bisa tetap menyajikan nasi goreng yang enak dan gurih dengan tambahan jamur dan sayuran.

Beberapa jenis sayur yang cocok dikombinasikan dengan nasi goreng vegan adalah wortel, jagung, mentimun, dan sawi hijau.

Tempe sudah dikenal luas sebagai salah satu bahan makanan khas Indonesia yang mendunia.

Kamu bisa mengolah tempe menjadi lauk, seperti tempe oreg, tempe bacem, dan pepes tempe atau membuat tempe menjadi sekadar camilan di saat senggang, seperti tempe goreng dan keripik tempe.

Untuk membuat salah satu olahan tempe, yaitu tempe goreng, kamu cukup menyiapkan tempe yang sudah diiris, tepung terigu, air, dan garam.

Tempe bisa digoreng dan disajikan selagi hangat sebagai kudapan untuk vegan saat sedang bersantai di rumah.

Salah satu sajian vegan adalah berbagai jenis sayur-sayuran. Untuk itu, kamu bisa membuat sayur asem sebagai sajian vegan ala Indonesia.

Sayur asem dibuat dari campuran sayur, seperti kacang panjang, labu siam, jagung manis, dan melinjo.

Khusus untuk vegan, sebaiknya jangan menggunakan bawang dan terasi pada resep sayur asem.

Sebaliknya, sayur asem vegan bisa dibuat dari kaldu jamur atau irisan kol goreng sebagai ganti bawang pada sayur asem.

Bubur sumsum adalah salah satu camilan yang cocok dikonsumsi oleh vegan.

Bubur sumsum dibuat dari beberapa bahan, seperti tepung beras, santan garam, kinca, dan tambahan daun pandan untuk membuat aroma bubur semakin sedap.

Kamu tidak perlu khawatir untuk penggunaan kinca. Sebab, kinca juga dibuat dari bahan non hewani yang bisa dikonsumsi oleh vegan, yaitu gula merah, gula pasir, air, jahe, dan daun pandan.

Jika ingin makan camilan pedas segar ala Indonesia dan tetap mempertahankan gaya hidup vegan, kamu bisa coba membuat asinan.

Ada jenis asinan sayur dan asinan buah. Kedua jenis asinan tersebut umumnya bisa dikonsumsi oleh vegan. Namun, sebaiknya perhatikan beberapa bahan pada resep asinan karena sebagian asinan dibuat dengan tambahan terasi.

Sebagai rekomendasi, kamu bisa coba beberapa asinan, seperti asinan salak, asinan tauge, asinan mentimun, dan asinan bengkuang tanpa menggunakan terasi.

Untuk membuat beberapa asinan tersebut, kamu bisa menyiapkan bahan utama, air hangat, gula, garam, dan cabai merah.

Biji salak merupakan salah satu kuliner khas Betawi yang banyak disajikan selama bulan Ramadhan.

Kamu bisa menyantap biji salak sebagai camilan non hewani atau camilan khusus vegan karena sajian ini tidak menggunakan produk turunan hewani sama sekali.

Bahan untuk membuat biji salak di antaranya adalah ubi jalar dan tepung sagu, sementara untuk bahan kuah biji salak, kamu bisa menggunakan santan dan gula merah.

Selanjutnya, ada minuman segar yang dikenal dengan nama cendol atau es cendol dawet.

Cendol termasuk minuman yang bisa dikonsumsi oleh vegan dan bahan untuk membuatnya mudah ditemukan di Indonesia.

Kamu bisa menyiapkan tepung beras dan tepung tapioka untuk membuat cendol. Cendol umum disajikan berwarna hijau sehingga kamu bisa menambahkan pasta pandan pada adonan cendol.

Untuk melengkapi es cendol dawet, sebaiknya sajikan dengan kuah santan dan kinca yang bisa menambah rasa manis pada cendol.

https://www.kompas.com/food/read/2021/11/02/102800275/7-makanan-lokal-indonesia-untuk-sajian-vegan-dari-nasi-goreng-hingga-cendol

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke