Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

5 Tips Buat Nasi Bakar agar Lebih Wangi dan Gurih

KOMPAS.com - Nasi bakar dapat menjadi pilihan untuk sajian keluarga atau bekal makan siang. 

Sebetulnya cara membuat nasi bakar cukup praktis. Sebab, kamu hanya perlu mencampur nasi dengan bumbu dan lauk lalu memanggangnya.   

Namun terdapat beberapa tips rahasia yang bisa membuat rasa dan aromanya lebih enak.

Mengutip dari "Aneka Kreasi Nasi Pepes Dan Nasi Bakar" karya Dapur Aliza terbitan PT Gramedia Pustaka Utama, berikut tips membuat nasi bakar yang enak dan sedap. 

1. Perhatikan penggunaan nasi dan beras 

Nasi bakar dapat dibuat dari beras atau nasi siap pakai. Masing-masing dari keduanya memiliki kelebihan serta kekurangan. 

Keuntungan memakai beras, yakni bumbu akan meresap sempurna, jadi rasa nasi bakar pun lebih enak. Namun waktu memasaknya cenderung lebih lama.

Jika menggunakan nasi jadi, proses memasaknya lebih singkat. Namun rasanya tak selezat jika memakai beras. 

2. Tambahkan santan atau mentega 

Nasi untuk membuat nasi bakar bisa berupa nasi polos atau yang sudah dibumbui. Namun jika ingin lebih gurih, maka kamu dapat menggunakan nasi berbumbu. 

Bumbu yang digunakan bisa berupa mentega atau margarin maupun santan. Selain itu, dapat pula ditambahkan daun aromatik untuk menambah aromanya. 

Isi nasi bakar bisa bermacam-macam, bahkan dapat disesuaikan dengan selera. Kamu dapat menggunakan ayam bumbu pedas, daging, ikan, maupun telur asin. 

Selain itu, dapat pula memakai lauk berbumbu khas Indonesia, seperti ayam woku, rica-rica ayam, atau rendang. 

Proses pengolahan lauk dan nasi dapat dilakukan dengan dua metode. Pertama, yakni dengan mencampur nasi atau beras bersama bumbu dan lauk.

Atau, bisa juga dengan memasak lauk dan nasi secara terpisah. Jika demikian, maka nasi baru dicampur dengan lauk ketika akan dibungkus daun pisang.

Namun umunya lauk atau isian sudah dibumbui terlebih dulu. 

4. Penggunaan pembungkus 

Terdapat berbagai bahan yang bisa digunakan untuk membungkus nasi bakar, seperti daun pisang atau aluminium foil. 

Namun jika ingin aromanya lebih sedap, maka gunakan daun pisang saja. Jenis daun pisang yang cocok untuk membungkus nasi bakar ialah daun pisang batu. 

Daun pisang ini memiliki sifat lentur. Sebelum digunakan, daun pisang dapat dijemur terlebih dulu agar tidak mudah robek. 

5. Gunakan api sedang

Nasi bakar dapat dipanggang di atas bara api atau teflon. Proses pembakaran dapat dilakukan hingga daun mengering dan menghasilkan aroma yang harum. 

Namun supaya daun tidak cepat gosong, sebaiknya gunakan api sedang saat membakarnya. 

Buku "Aneka Kreasi Nasi Pepes Dan Nasi Bakar" karya Dapur Aliza terbitan PT Gramedia Pustaka Utama dapat dibeli online di Gramedia.com

https://www.kompas.com/food/read/2021/08/20/100700875/5-tips-buat-nasi-bakar-agar-lebih-wangi-dan-gurih

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke