Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Resep Pastel Basah Empuk, Camilan Gurih untuk Ide Jualan

KOMPAS.com - Pastel merupakan jajanan berkulit renyah dengan isian yang bervariasi dan mudah ditemui di pedagang kue pagi hari. Kalau kamu ingin membuatnya, kamu bisa ikuti resep pastel basah berikut. 

Resep pastel basah ini berisikan sayur, daging ayam, dan udang sebagai isianya. Cara membuat pastel ini juga dilengkapi dengan cara membuat kulit pastel yang empuk. 

Berikut cara membuat pastel basah dari buku “Lezatnya Kue Pastel” karya Dapur Kirana terbitan PT Gramedia Pustaka Utama.

Resep pastel basah empuk

Bahan:

  • 250 gram tepung terigu
  • 1 butir telur ayam
  • 50 gram margarin
  • ½ sdt garam
  • 75 ml air
  • Minyak goreng secukupnya, untuk menggoreng

Isi:

Cara membuat pastel basah empuk:

1. Kulit: Campur tepung terigu, telur ayam, margarin, garam, dan air. Uleni sampai adonan tidak lengket di tangan. Tambahkan 1-2 sdm air, tutup dengan plastik dan biarkan selama 10 menit.

2. Tabur sedikit tepung di atas meja, gilas adonan, cetak bulat bergaris tengah 7-8 cm. tabur sedikit tepung pada permukaan supaya tidak lengket, jika ditumpuk. Sisikan terlebih dahulu.

3. Isi: Panaskan tiga sendok makan margarin, tumis bawang putih cincang sampai berwarna kuning, masukkan bawang merah iris. Tumis sampai layu, kecuali suun dan telur ayam rebus. Tambahkan sedikit air, masak sampai air habis.

4. Tambahkan suun, beri dua sendok makan tepung terigu yang sudah dicairkan dengan air aduk hingga rata, angkat, dan dinginkan.

5. Ambil satu lembar adonan kulit, beri satu sendok makan adonan isi dan satu potong telur rebus. Olesi tepi adonan kulit dengan air, lipat menjadi setengah lingkaran.

6. Cubit bagian tepannya sebagia hiasan. Goreng dengan minyak yang agak panas sampai berwarna kuning kecokelatan. Angkat dan tiriskan.

Buku “Lezatnya Kue Pastel” karya Dapur Kirana terbitan PT Gramedia Pustaka Utama bisa dibeli di Gramedia.com.

https://www.kompas.com/food/read/2021/03/02/200700675/resep-pastel-basah-empuk-camilan-gurih-untuk-ide-jualan-

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke