Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Cara Masak Ayam Pakai Teflon Biar Matang, Belajar dari Peserta MasterChef Indonesia

KOMPAS.com - Dalam tantangan opor ayam ala Chef Renatta di galeri MasterChef Indonesia season 7 episode Minggu (22/11/2020), 4 dari 6 peserta melakukan kesalahan fatal yaitu ayam tidak matang.

Daging ayam yang tidak matang bisa mengakibatkan ganguan kesehatan hingga keracunan bagi para penikmatnya. Melansir salah satu artikel Kompas.com, menjabarkan bahaya memakan daging tidak matang.

Bahaya makan daging ayam mentah

Memakan ayam mentah akan meningkatkan risiko berkembangnya bakteri Salmonella dan Campylobacter pada tubuh.

Namun, beberapa orang bisa saja mengalami komplikasi yang lebih serius seperti gagal ginjal, radang sendi kronis, dan kerusakan otak dan saraf. Jika kamu sengaja dan menyepelekan makan ayam mentah, hal itu sama sekali tidak sebanding dengan risikonya.

Setelah kamu makan ayam mentah, yang dapat mengandung bakteri penyebab keracunan, tubuh akan melakukan respons kekebalan.

Pada dasarnya, sel-sel khusus dalam tubuh  akan melawan bakteri tersebut dan membunuhnya lalu mencoba mencegahnya berkembang biak atau menyebarkan racun berbahaya.

Gejala penyakit keracunan makanan dapat bervariasi, tetapi biasanya bisa terlihat dari mual, kram perut, diare, muntah dan dehidrasi.

Kamu bisa menghindari resiko keracunan makan daging ayam mentah dengan cara memasaknya hingga matang.

Melansir Better Homes & Garden dan The Kitchn, ada beberapa cara memasak ayam dengan sempurna.

Cara memasak dada ayam

Dada ayam yang dimasak dengan teknik pan-seared, bisa dimasak dengan sedikit minyak dengan bumbu seperti garam, merica dan ditambah dengan mentega yang banyak.

Ayam yang dihasilkan akan memiliki bagian luar yang renyah keemasan dengan bagian dalam yang masih juicy.

Jangan terlalu lama memasak dada ayam dengan cara ini karena daging akan kering dan tidak ada sari dagingnya yang memiliki cita rasa khas.

Saat memasak dengan teknik ini pertama masukkan minyak dalam panci, tunggu sampai panci panas.

Setelah itu masukkan dada ayam, letakkan dada ayam jangan dibalik atau digoyangkan. Diamkan saja selama lima menit. Jika sudah balik sekali saja dan tunggu sebentar.

Jika ingin rasanya lebih gurih dan creamy bisa masukkan mentega lalu mulai siramkan ke daging ayamnya.

Dada ayam rentan mengering saat dimasak terlalu lama, jadi sebaiknya dimasak dengan cepat menggunakan api besar.

Itu  berarti memasak ayam dengan cara menumis ayam, memanggang ayam adalah teknik memasak yang aman untuk mematangkan ayam. 

Cara memasak paha ayam

Memasak paha bawah bisa memakan waktu sedikit lebih lama dibanding dada ayam, tergantung pada ukuran dan metode.

Dengan berat 113 gram, waktu memasak bisa memakan 8 hingga 12 menit per sisi jika memasak menggunakan panci. Lalu 40-50 menit jika direbus.

https://www.kompas.com/food/read/2020/11/23/080800275/cara-masak-ayam-pakai-teflon-biar-matang-belajar-dari-peserta-masterchef

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke