Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Kisah Roti Ubi Ungu Korea yang Kini Jadi Jajanan Populer

KOMPAS.com - Roti ubi ungu dari Korea kini menjadi makanan manis yang menjadi tren. Namun, bagaimana kudapan yang disebut korean sweet potato mochi bread ini menjadi terkenal?

Roti ubi ungu yang populer itu berasal dari daerah Haenam, Provinsi Jeolla Selatan, Korea Selatan.

Melansir haenam.grandculture.net Lee Hyun Mi adalah kreator dari roti ubi ungu yang dijual di toko rotinya di Haenam sejak Februari 2018.

Terciptanya roti ini karena Lee Hyun Mi diminta untuk membuat roti dari produk lokal Haenam. Salah satu komoditi Haenam adalah ubi ungu.

Haenam bisa memproduksi 12 persen pasokan ubi ungu secara domestik. Hal ini dikarenakan tanah daerah Haenam cocok untuk bercocok tanam ubi ungu.

Oleh karena itu, Lee Hyun Mi bertujuan membuat roti yang sehat tetapi tetap enak. Selain itu, juga berguna untuk petani lokal dan meningkatkan kesadaran masyarakat tentang produk lokal.

Toko roti Lee Hyun Mi tidak hanya menjual roti ubi ungu saja. Ia juga menjual roti yang dibuat dari bibit ubi ungu yang difermentasi dan tart ubi ungu. Semua produk ini berasal dari ubi ungu Haenam.

Korean sweet potato mochi bread memilki bentuk seperti ubi ungu lengkap dengan kulitnya, tekstur roti ini kenyal. Isinya sendiri merupakan olahan dari ubi ungu bercita rasa manis dan bertekstur lembut.

Tren kue yang meniru bentuk sayur tidak hanya ubi ungu, ada roti kentang yang meniru bentuk kentang. Roti kentang juga sempat tren di Korea.

Namun, pamor kue itu bukan karena keunikan dari rotinya tetapi karena adanya kasus plagiarisme.

Toko roti Paris Baguette menghentikan produksi roti kentang karena laporan tindak plagiat toko roti itu terhadap sebuah toko kue kecil di Chuncheon, Gangwon, Korea Selatan.

Melansir dari news.joins.com, roti kentang merupakan salah satu jenis 'teknik membuat roti' yang populer di Jepang sejak awal tahun 2000-an. Contohnya adalah kue populer Tokyo Banana Bread yang membuat roti seperti bentuk pisang.

https://www.kompas.com/food/read/2020/10/21/214327175/kisah-roti-ubi-ungu-korea-yang-kini-jadi-jajanan-populer

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke