Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Japanese Milkbun di Grand Indonesia, Mulai Saat Pandemi Berkembang Sampai Sekarang

Kompas.com - 28/05/2024, 19:02 WIB
Silvita Agmasari

Penulis

KOMPAS.com - Ada kalanya muncul banyak usaha makanan yang berjualan via online saat pandemi. Banyak di antara usaha ini jadi musiman karena tidak bertahan lama.

Namun ada pula yang berhasil berkembang sampai membuka gerai di pusat perbelanjaan, salah satunya Mad Milk.

Mad Milk dirintis oleh Viona Valencia dan James Rahardja pada 2020 saat sama seperti kebanyakan orang, proses pembelajaran dan aktivitas tatap muka harus terhenti.

"Kami itu awalnya berpikir paling sehari hanya bisa menjual lima roti saja, tetapi tidak sangka viral. Buat seratus roti per hari habis dan banyak permintaan karena tidak kebagian," cerita James ditemui di gerai Mad Milk, Mal Grand Indonesia, Rabu (15/5/2024).

James dan Viona bercerita dari awal memang membuat konsep roti susu ala Jepang dengan kemasan menarik agar layak dijadikan bingkisan.

Baca juga:

Target awalnya ibu yang memang membeli roti untuk konsumsi keluarga atau kiriman untuk orang terkasih. Selain media sosial, promosi dari mulut ke mulut juga jadi cara jitu bisnis Mad Milk berkembang.

"Akhirnya setelah setahun berjalan, kami memutuskan untuk membuka toko di Pantai Indah Kapuk," cerita James.

Toko yang saat ini juga menjadi dapur pusat itu adalah tempat James dan Viona belajar bisnis yang sesungguhnya. Hingga akhirnya, mereka memutuskan untuk menambah toko di pusat perbelanjaan di area Gading Serpong dan Jakarta.

Khusus Mad Milk di Mal Grand Indonesia, James dan Viona mengincar pekerja kantoran dengan konsep belanja dan bawa pergi (grab and go).

Uniknya, video toko roti ini sempat viral di media sosial lantaran varian roti yang diluncurkan yaitu Cold Milkbuns.

"Memang idenya kami melihat roti viral di Thailand, tetapi kami ingin membuat krim roti yang lebih ringan, roti lebih lembut dan bahkan tidak keras saat disimpan dingin," kata James.

Harga Cold Milkbuns ini Rp 70.000, sementara roti Mad Milk varian lain mulai Rp 25.000. 

Rasa Japanese Milkbuns Mad Milk

Japanese Milkbuns dari Mad Milk. Kompas.com/Silvita Agmasari Japanese Milkbuns dari Mad Milk.

Japanese Milkbuns merupakan roti sobek populer yang terkenal dengan tekstur lebih lembut daripada kebanyakan roti pada umumnya. Selain itu, warna rotinya juga agak pucat.

"Japanese Milkbuns di Mad Milk tidak menggunakan telur sama sekali, sebagi gantinya pakai susu. Roti jadi lebih gurih, creamy, dan lembut," jelas Viona.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com