Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tim Robotika ITS Akan Ikut Kompetisi Internasional di Amerika Serikat

Kompas.com - 31/01/2024, 19:05 WIB
Sania Mashabi,
Dian Ihsan

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Tim robotika maritim Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS), Barunastra akan kembali mengikuti ajang International Roboboat Competition (IRC) 2024 di Florida, Amerika Serikat.

Ajang ini akan berlangsung pada 5-11 Februari 2024. Tim dari ITS akan bersaing dengan 18 negara menggunakan kapal terbarunya, yakni Nala Proteus 2.0.

Baca juga: Ini Daya Tampung ITS 2024 Jalur SNBP dan SNBT, Calon Mahasiswa Cek

Kapal itu ditargetkan bisa membawa kemenangan pada ITS di IRC untuk keenam kalinya.

"Ini merupakan salah satu cara terbaik bagi mahasiswa ITS untuk turut serta mengembangkan teknologi kelautan," kata Rektor ITS, Prof. Mochamad Ashari dikutip dari laman resmi ITS, Rabu (31/1/2024).

Prof. Ashari mengatakan, kapal dengan konsep kendaraan air permukaan tak berawak ini diciptakan untuk menavigasi rute yang menantang.

Mereka tidak hanya menunjukkan keterampilan manuver maritim yang mengesankan, tetapi juga dirancang untuk menangani tugas yang mensimulasikan tantangan kehidupan nyata.

"Termasuk pengawasan pantai, keamanan pelabuhan, dan berbagai operasi oseanografi," ujarnya.

General Manager Barunastra ITS, I Made Vibra Danajaya menjelaskan, Nala Proteus 2.0 telah diperbarui dengan menggunakan lambung fiberglass yang memiliki desain emboss.

Baca juga: ITB Sebut 10 Mahasiswa Sudah Gunakan Pinjol Danacita

Perancangan ini bertujuan untuk menambah jarak antara permukaan air dan komponen kelistrikan sekaligus meningkatkan stabilitas dan keselamatan kapal.

Sensor dan kamera kapal juga memungkinkan untuk menjalankan delapan misi secara mandiri yang mencakup navigasi melalui pelampung, docking, penghindaran rintangan, peledakan air, dan kemampuan untuk melokalisasi pin akustik.

Sebagai langkah persiapan ajang IRC 2024, tim Barunastra ITS juga sudah berulang kali melakukan serangkaian eksperimen dan peningkatan performa pada kapal tersebut.

Baca juga: Biaya Kuliah dan Uang Pangkal Kedokteran di ITS, Unesa, UB serta Unair

"Melalui terobosan terbaru yang dilakukan tim, kami memiliki keyakinan yang tinggi untuk kembali membawa gelar juara sekaligus memberikan kehormatan bagi ITS dan Indonesia," tutup Vibra.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com