Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bambang Pramujati Jadi Rektor ITS Periode 2024-2029

Kompas.com - 27/12/2023, 21:13 WIB
Dian Ihsan

Penulis

KOMPAS.com - Bambang Pramujati PhD, resmi terpilih sebagai Rektor ITS periode 2024-2029. Itu berdasarkan hasil rapat pleno Majelis Wali Amanat (MWA) ITS di Jakarta, pada Rabu (20/11/2023).

Ketua MWA ITS, Prof. Mohammad Nuh mengatakan, keputusan ini diambil berdasarkan pemungutan suara MWA ITS terhadap tiga calon rektor (carek) yang telah tersaring sebelumnya di tingkat Senat Akademik ITS.

Baca juga: Prof. Yuda Turana Jadi Rektor Unika Atma Jaya Periode 2023-2027

Dia menambahkan, pada total 23 hak suara turut mencakup suara Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbud Ristek).

Melalui tahap ini, Bambang Pramujati yang berasal dari Departemen Teknik Mesin memperoleh 15 suara, Agus Muhammad Hatta PhD, dari Departemen Teknik Fisika sebanyak 6 suara, dan Dr. Machsus dari Departemen Teknik Infrastruktur Sipil mendapat 1 suara.

Meski keputusan akhir diambil melalui pemungutan suara, dia mengatakan, bahwa hasil yang didapatkan tetap selaras dengan mufakat atas harapan untuk memajukan ITS.

Menurut Nuh, setiap tahapan proses dalam ajang demokrasi ITS ini telah berjalan sesuai dengan asas pemilihan rektor.

"Mulai dari kebersamaan, transparansi dan akuntabel, meritokrasi, hingga musyawarah untuk mufakat," uca dia dilansir dari laman ITS, Rabu (27/12/2023).

Nuh mengatakan, dalam setiap proses yang berjalan seluruh calon rektor telah menunjukan kegigihan untuk melanjutkan dan terus meningkatkan kualitas ITS.

Menurut dia, berbagai inovasi yang diusung memiliki andil untuk mencapai kemandirian finansial ITS.

"Tentunya, seluruhnya akhirnya bermuara pada visi bersama untuk mewujudkan ITS sebagai tonggak menuju Indonesia Emas 2045," jelas dia.

Baca juga: Rektor UGM: Lulusan Jangan Hanya Sekadar Kantongi Ijazah

Nuh merincikan serangkaian tahap pemilihan rektor yang telah dimulai sejak Agustus 2023. Adapun rangkaian tersebut dimulai dari sosialisasi, kemudian tahap penjaringan aspirasi 20 pendaftar bakal calon rektor (bacarek), penyaringan lima bakal calon rektor, penyaringan tiga carek, hingga pemungutan akhir rektor terpilih.

Dalam seluruh tahapan ini, Nuh turut mengapresiasi partisipasi dan antusiasme sivitas akademika ITS yang turut menjadi faktor kunci keberhasilan pilrek ITS periode ini.

Dia menambahkan, Rektor ITS yang terpilih nantinya akan mulai melaksanakan tugasnya mulai April 2024.

Dia berharap regenerasi ITS ini akan terus berjalan dengan baik. Guru Besar Teknik Biomedik ITS ini meyakini bahwa realisasi regenerasi tersebut akan menjadi jalan untuk menuju ITS yang lebih baik lagi.

Baca juga: Prof. Nazaruddin Terpilih Jadi Rektor UMM Periode 2024-2028

"Tentunya untuk kemajuan ITS dan kemajuan bangsa Indonesia," tutup dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com