Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rektor UGM: Lulusan Jangan Hanya Sekadar Kantongi Ijazah

Kompas.com - 22/11/2023, 18:36 WIB
Dian Ihsan

Penulis

KOMPAS.com - Rektor Universitas Gadjah Mada (UGM) Prof. Ova Emilia mewisuda sebanyak 2.163 lulusan Sarjana dan Diploma.

Itu terdiri 1.852 orang lulusan Sarjana, termasuk 2 orang wisudawan berasal dari Warga Negara Asing, serta 311 lulusan Program Sarjana Terapan (D4).

Baca juga: Beasiswa Early Recruitment Program bagi Mahasiswa UGM, Ada Bantuan UKT

Prof. Ova Emilia menyampaikan ucapan selamat kepada wisudawan yang telah berhasil meraih gelar akademis jenjang Sarjana dan Diploma di (UGM).

"Selamat para orangtua dan para wali yang sudah mendampingi selama perjalanan menempuh pendidikan," ucap dia dilansir dari laman UGM, Rabu (22/11/2023).

Rektor menegaskan makna menjadi lulusan UGM tidak sekedar mengantongi ijazah dan sukses mendapatkan pekerjaan, tapi harus juga menjadi sosok yang berdampak luas bagi kehidupan masyarakat.

Sebab, tantangan masa depan memerlukan peran kaum terpelajar untuk membantu bangsa ini keluar dari berbagai persoalan dari soal ekonomi, energi, pangan, kesehatan, lingkungan, hingga berbagai persoalan lainnya yang terus bermunculan.

"Kaum terpelajar kita jumlahnya kurang dari 10 persen. Inilah saatnya peran kalian semuanya sebagai generasi bangsa," ungkap Prof. Ova.

Sebagai lulusan perguruan tinggi, dia berharap para wisudawan bisa memiliki agile thinking ability dan digital skills menjadi sebuah kebutuhan untuk menyongsong peradaban teknologi masa depan.

Baca juga: Prof. Helmi Terpilih Jadi Rektor Unja Periode 2024-2028

Tidak cukup hanya itu, lulusan UGM diharapkan mampu bersikap adaptif, inovatif, berintegritas, dan berbudi pekerti dalam memecahkan permasalahan sosial masyarakat di tengah situasi percepatan perubahan peradaban global.

"Kesuksesan juga bisa dimaknai sebagai cara saudara sekalian menjadi sosok yang lebih mandiri, kreatif, dan berani membuka peluang lapangan pekerjaan baru sebagai entrepreneur. Itu harapan kami semuanya di universitas," ujar dia.

Dia berpesan agar wisudawan untuk tetap menjaga nama baik serta rasa cinta terhadap almamater. Selalu berpegang pada kebenaran dan selalu berpihak pada kepentingan bangsa.

Baca juga: Gibran Dituduh Hanya Lulusan SMA, Kemendikbud: Lulusan S1 Singapura

"Hiduplah dekat dengan masyarakat dan senantiasa terlibat dalam memecahkan problem dan tantangan sosial yang ada dengan kapasitas yang Saudara jalankan," tutup Prof. Ova.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com