Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Mendapatkan KIP Kuliah 2024, Ini Prosedur yang Benar

Kompas.com - 19/11/2023, 13:00 WIB
Mahar Prastiwi,
Ayunda Pininta Kasih

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Cara mendapatkan KIP Kuliah 2024 atau Kartu Indonesia Pintar Kuliah penting diketahui siswa dengan kesulitan finansial namun memiliki keinginan melanjutkan pendidikan di perguruan tinggi.

Siswa bisa mendaftar KIP Kuliah 2024 sesuai dengan jalur masuk yang dipilih. Baik itu jalur Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP), Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (SNBT) hingga jalur Mandiri di kampus negeri dan kampus swasta.

Siswa yang dinyatakan lolos menjadi mahasiswa penerima KIP Kulah 2024 bisa merasakan kuliah gratis sampai lulus atau mendapatkan bantuan lain berupa biaya hidup.

Baca juga: Skema Baru KIP Kuliah 2023: Tidak Semua Dapat Bantuan Biaya Hidup

Dilansir dari laman resmi KIP Kuliah, Minggu (19/11/2023), berikut cara mendapatkan KIP Kuliah 2024 yang perlu diketahui calon mahasiswa.

Kamu perlu tahu prosedur yang benar agar tak mengalami kendala administratif selama proses pendaftaran KIP Kuliah 2024.

Cara mendapatkan KIP Kuliah 2024

Pertama-tama, siswa yang akan mendaftar ke perguruan tinggi perlu membuat akun KIP Kuliah pada laman https://kip-kuliah.kemdikbud.go.id.

Biasanya masa pendaftaran akun KIP Kuliah ini dibuka sejak awal tahun hingga menjelang akhir tahun. Jika berkaca pada masa pendaftaran KIP Kuliah 2023, dibuka sejak bulan Februari dan ditutup pada bulan November.

Namun perlu diketahui bahwa calon mahasiswa yang sudah mendaftar KIP Kuliah tidak serta merta jadi mahasiswa penerima KIP Kuliah 2024.

Untuk dapat menjadi mahasiswa penerima KIP Kuliah 2024, akan ada proses validasi dan verifikasi semua berkas oleh pihak perguruan tinggi.

Baca juga: Beasiswa S1 ke Jepang 2024, Uang Saku Rp 13 Juta Per Bulan

Siswa gap year yang tahun ini sudah memiliki akun KIP Kuliah untuk mendaftar perguruan tinggi, kamu tidak perlu lagi mendaftar KIP Kuliah.

Akun yang dimiliki dapat digunakan untuk semua jenis seleksi penerimaan mahasiswa baru, baik di perguruan tinggi negeri maupun swasta.

 

Baca juga: Ini Cara Mengajukan KIP Kuliah, Bisa Kuliah Gratis

Pendaftaran akun KIP Kuliah sebaiknya dilakukan secara mandiri oleh calon mahasiswa bersangkutan. Namun, pendaftaran dapat juga dilakukan perguruan tinggi atas mahasiswa yang sudah diterima dan melakukan registrasi.

Pendaftaran oleh perguruan tinggi ini dapat dilakukan ketika seorang calon mahasiswa sudah diterima dan sudah registrasi namun belum mendaftarkan akun KIP Kuliah.

Berikut prosedur yang benar untuk mendapatkan KIP Kuliah 2024 bagi calon mahasiswa:

1. Saat melakukan pendaftaran KIP Kuliah 2024 di laman kip-kuliah.kemdikbud.go.id, yang pertama dilakukan adalah melakukan login terlebih dahulu.

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com