Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

50 Tahun Diplomatik Korsel-Indonesia, KT&G Bangun Kolaborasi Mahasiswa Kedua Negara

Kompas.com - 09/08/2023, 11:45 WIB
Yohanes Enggar Harususilo

Penulis

KOMPAS.com - Memperingati 50 tahun hubungan diplomatik Korea Selatan dan Indonesia, KT&G mengirim relawan mahasiswa Korea Selatan ke Indonesia guna menjalin kolaborasi dan memperbaiki lingkungan belajar sekolah jenjang SD di Bogor, Jawa Barat.

Perwakilan mahasiswa Indonesia yang tergabung dalam Univ Zone turut bergabung dengan relawan Korsel pada kegiatan yang diadakan 23-25 Juli 2023. Mereka saling membangun jejaring, berkomunikasi, dan belajar kebudayaan masing-masing.

Lewat kegiatan ini, relawan memperbaiki beberapa fasilitas dan sarana pembelajaran yang dapat meningkatkan kualitas lingkungan belajar di SD tersebut, serta menggelar kegiatan rekreasi bagi siswa.

Relawan mengecat dinding eksterior dan interior di ruang kelas serta fasilitas sekolah. Mereka juga membuat mural yang meremajakan sekolah tersebut, serta mengadakan aktivitas olahraga dan kegiatan rekreasi lain.

Pada 23 Juli lalu relawan Korsel dan perwakilan mahasiswa Indonesia merenovasi fasilitas gedung SD. Sedangkan pada 25 Jui, relawan Indonesia dan Korea lalu berkolaborasi mengadakan kegiatan pertukaran budaya yang ditampilkan bagi siswa SD.

Relawan Korea menampilkan koreografi lagu-lagu K-Pop, sedangkan relawan Indonesia membawakan K-Pop dan lagu pop Indonesia.

"Lewat kegiatan sukarela ini, saya berkenalan dengan teman baru, memperluas wawasan saya, serta berkontribusi pada komunitas lokal. Saya ingin berterima kasih kepada KT&G atas kesempatan ini," ujar Shinta Octavia, salah satu relawan.

"Sebagai perusahaan Korea yang berbisnis di Indonesia, KT&G bekerja keras membangun pertumbuhan yang saling menguntungkan, serta memperluas hubungan dengan Indonesia," ungkap Young-Ah Shim, Head, KT&G Social Contribution Office (9/8/2023).

Baca juga: Kolaborasi Indonesia-Korsel dalam Transisi Energi

"Dalam rangka 50 tahun hubungan diplomatik Indonesia dan Korea Selatan, kami ingin menggelar sederet kegiatan dan program lain yang ikut mempererat hubungan antara kedua negara ini," lanjut Young-Ah Shim, Head, KT&G Social Contribution Office.

Program bagi mahasiswa Indonesia

Halaman Berikutnya
Halaman:

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com