Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pembelajaran SD di Korea Selatan: Hanya Ada 4 Mapel, Tidak Ada PR

Kompas.com - 03/08/2023, 07:23 WIB
Mahar Prastiwi,
Ayunda Pininta Kasih

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Sistem pendidikan di negara lain kerap menarik untuk dikulik. Beberapa Warga Negara Indonesia (WNI) ada yang berkesempatan membawa keluarga dan menyekolahkan anak mereka di negara tempat mereka melanjutkan pendidikan atau bekerja.

Seperti yang dirasakan dosen Oseanografi Institut Teknologi Bandung (ITB), Dayu Wiyati Purnaningtyas yang saat ini sedang menempuh pendidikan program S3 di University of Science and Technology, KIOST School, Korea Selatan.

Dayu memboyong serta putrinya yang saat ini sudah duduk di bangku kelas 1 Sekolah Dasar (SD) di Korea Selatan.

"Anak saya saat ini berusia 7 tahun. Sesuai dengan usia minimal anak untuk masuk SD di Korea," ujar Dayu kepada Kompas.com, Rabu (2/8/2023).

Baca juga: PPDB Zonasi di Inggris: Data Terpusat, Tak Bisa Dimanipulasi

Kelas 1-2 SD hanya ada 4 pelajaran di sekolah

Dayu menerangkan, sebelum masuk SD anaknya sudah lebih dulu masuk sekolah di Orinijib di Korea Selatan (semacam PAUD dan childcare) selama 2 tahun.

Saat berada di Orinijib, putrinya sudah belajar berkomunikasi dan saat menjelang masuk SD, guru di Orinijib mulai sedikit-sedikit belajar menulis hangeul dan membaca.

Namun, Dayu tak menampik saat pertama datang ke Korea dan anaknya bersekolah di Orinijib, ada kendala bahasa karena kala itu anaknya baru berusia 4 tahun.

"Sedikit terkendala di awal berkomunikasi dengan guru dan teman-temannya. Tapi Alhamdulillah seiring berjalannya waktu anaknya malah enjoy banget. Karena kurikulum SD di sini cukup menyenangkan buat anak kelas bawah," tutur Dayu.

Dayu mengungkapkan, pelajaran untuk kelas 1 dan 2 SD di Korea Selatan hanya ada empat mata pelajaran saja.

Baca juga: Senang Bersekolah, Siswa di Inggris Jarang Diberi PR

Berdasarkan pengalaman Dayu, pembelajaran yang diberikan kepada siswa kelas 1 SD di Korea Selatan, lebih banyak fokus ke pendidikan dasar seperti Matematika dan Bahasa.

Selain itu juga ada pembelajaran mengenai basic life skill seperti pelajaran keselamatan. Anak-anak diajarkan hal-hal atau tempat mana yang aman atau bahaya di lingkungan mereka tinggal dan sekolah.

"Misalnya cara menyeberang jalan, cara melindungi diri mereka kalau ketemu orang asing dan lain sebagainya," papar Dayu.

Baca juga: Beasiswa S2 Gratis ke 9 Negara, Tanpa Syarat IPK dan Gratis Akomodasi

Belajar soal kondisi alam sesuai musim

Suasana pembelajaran di Korea Selatan.DOK. Dayu Wiyati Purnaningtyas Suasana pembelajaran di Korea Selatan.

Namun, ada juga aktivitas membaca buku pagi hari sebelum pelajaran dimulai. Dayu menambahkan, siswa kelas 1 SD di Korea Selatan juga mendapat pelajaran tentang musim yakni musim semi, panas, gugur dan dingin.

Hal ini berkaitan dengan informasi terkait musim tersebut. Seperti kondisi alam di masing-masing musim, dan apa yang biasanya dilakukan di musim itu.

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com