Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mahasiswi Politeknik Negeri Sriwijaya Gapai Juara 1 di Korea Selatan

Kompas.com - 06/07/2023, 18:14 WIB
Dian Ihsan

Penulis

KOMPAS.com - Mahasiswi Administrasi Bisnis Politeknik Negeri Sriwijaya (Polsri), Agnes Monica terpilih menjadi juara 1 bersama anggota tim lainnya dalam kompetisi APEC Entrepreneurship Education Program (AEEP 2023) di Seoul, Korea Selatan.

Anggota tim lainnya adalah Su Hyun Kim dari Korea Selatan (Yonsei University), Mark Chuang dari Taiwan (National Taiwan Normal University), dan Ngoc Linh Tran dari Vietnam (Foreign Trade University).

Baca juga: 4 Jurusan Kuliah Ini Punya Peluang Kerja Tinggi di Luar Negeri

Dengan fokus pada permasalahan Food Security (Agriculture), mereka berempat sebagai tim A membuat InFo (Insight Fooding) sebagai Business Plan.

AEEP merupakan program pendidikan kewirausahaan bagi mahasiswa anggota APEC (Indonesia, Taiwan, Filipina, Malaysia, Vietnam, Thailand, dan Korea Selatan).

AEEP diselenggarakan oleh Kementerian Pendidikan Korea Selatan di Seoul untuk negara-negara yang masuk ke dalam wilayah APEC (Asia-Pacific Economic Cooperation) sebagai program pendidikan kewirausahaan bagi mahasiswa anggota APEC.

Agnes menyampaikan terima kasih atas kesempatan yang telah diberikan oleh Direktorat Jenderal Vokasi dan dukungan penuh dari Direktur yang mewakili lembaga Polsri serta pihak Jurusan Administrasi Bisnis Polsri dan dosen pembimbingnya Beni Wijaya.

Sehingga, dia dapat berangkat ke Seoul dan belajar banyak sekaligus mencetak prestasi melalui Program tersebut.

"Sebagai penerima beasiswa KIP Kuliah, kesempatan berangkat ke luar negeri seperti ini bagaikan mimpi, alhamdulillah bisa membuat bangga kedua orangtua, para Dosen, serta teman-teman saya," kata dia dalam keterangannya, Kamis (6/7/2023).

Adapun juara kedua dalam kompetisi itu diraih oleh Juara kedua diraih oleh Team D (Perwakilan dari Korea, Vietnam, dan Thailand) dan juara ketiga diraih oleh Team C (Perwakilan dari Korea, Taiwan, Indonesia, dan Filipina).

Baca juga: Ini 9 Jurusan Kuliah yang Menjanjikan di Masa Depan

Selain Agnes, Siti Nuraeni juga mewakili Indonesia sebagai perwakilan dari Perguruan Tinggi Akademik (Institut Pertanian Bogor) yang berhasil meraih juara ketiga tersebut.

Melalui kemenangan yang diraih oleh Agnes dan anggota tim nya ini, mereka berempat berkesempatan kembali diundang oleh pihak APEC untuk menghadiri rangkaian kegiatan berikutnya September mendatang sebagai hadiah dari keberhasilan Business Plan yang mereka buat.

Dengan demikian, Agnes akan menjadi satu-satunya perwakilan Indonesia pada kegiatan tersebut selain perwakilan dari Korea Selatan, Taiwan, dan Vietnam.

Baca juga: Tak Lolos PPDB 2023? Ini 10 SMA Swasta Terbaik di Jakarta

Penghargaan ini diharapkan dapat menginspirasi teman-teman lain yang ada di Polsri.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com