Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini 9 Jurusan Kuliah yang Menjanjikan di Masa Depan

Kompas.com - 05/07/2023, 12:05 WIB
Mahar Prastiwi,
Dian Ihsan

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Para calon mahasiswa tentu ingin memilih jurusan kuliah yang menjanjikan di masa depan.

Sehingga setelah lulus bisa langsung bekerja karena keterampilan lulusan jurusan kuliah ini akan sangat dibutuhkan perusahaan. Lantas jurusan kuliah apa saja yang dibutuhkan di masa depan?

Melansir laman Universitas Dharma Andalas, Rabu (5/7/2023) berikut jurusan kuliah yang menjanjikan di masa depan.

Informasi ini juga bisa membantu calon mahasiswa yang masih bingung hendak memilih jurusan kuliah apa.

Baca juga: Apa Itu Biaya SSPU di Jalur Mandiri UGM 2023? Cek Penjelasannya

9 jurusan yang menjanjikan di masa depan

Bagi calon mahasiswa yang masih bingung memilih jurusan, bisa cek 10 jurusan kuliah yang menjanjikan di masa depan:

1. Sistem Informasi

Saat ini dan di masa depan, jurusan Sistem Informasi menjadi salah satu jurusan yang menjanjikan. Mahasiswa jurusan ini akan belajar tentang keahlian dalam bidang teknologi informasi.

Mahasiswa juga akan belajar pemrograman sampai pembuatan aplikasi. Tidak heran peluang kerja jurusan sistem informasi sangat dibutuhkan dalam dunia kerja. 

Prospek kerjanya mulai menjadi business analyst, technopreneur, teknisi IT, data analyst, programmer, hingga web developer. Pekerjaan ini tentunya sangat diperlukan pada perusahaan besar.

2. Jurusan Teknik Mesin

Jurusan kuliah berikutnya yang tak kalah menjanjikan di masa depan adalah Teknik Mesin.Sumber daya manusia yang ahli dalam teknik mesin akan sangat berguna dalam berbagai obyek teknologi. Jurusan ini mengajarkan tentang pembuatan juga pengoperasian robot.

Lulusan jurusan teknik mesin dapat bekerja pada banyak perusahaan. Seperti perusahaan pertambangan, konstruksi, komunikasi, pertanian sampai perusahaan pengembangan transportasi.

Baca juga: Biaya Kuliah PNJ Jalur Mandiri 2023, Ini Besaran UKT dan IPI

3. Jurusan Farmasi

Jurusan kuliah yang menjanjikan di masa depan berikutnya adalah jurusan Farmasi. Jurusan ini hingga sekarang tetap banyak peminatnya, karena memang prospek kerja dalam dunia kesehatan juga semakin besar.

Peluang kerja juga sangat banyak, lulusan jurusan Farmasi bisa bekerja di rumah sakit, di klinik, membuka bisnis kosmetik, dan lain sebagainya.

4. Jurusan Matematika

Jurusan matematika termasuk jurusan yang mengajarkan mahasiswanya mampu memecahkan masalah lewat rumus-rumus. Mahasiswa akan diajarkan hitungan matematika sampai menemukan solusi yang tepat.

Prospek kerjanya bisa menjadi tenaga pendidik, sebagai analisis di korporat, menjadi ahli statistika, ahli bidang keuangan, sampai bisa menjadi astronom juga aktuaris.

5. Jurusan Akuntansi

Jurusan Akuntansi termasuk jurusan favorit terlebih bagi siswa IPS. Jurusan ini mengajarkan mahasiswa untuk teliti dan terampil menghitung dan mengatur keuangan. Sebenarnya anak IPA juga bisa masuk dalam jurusan ini

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com