Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apa Itu Biaya SSPU di Jalur Mandiri UGM 2023? Cek Penjelasannya

Kompas.com - 05/07/2023, 06:16 WIB
Mahar Prastiwi,
Dian Ihsan

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Salah satu persiapan penting saat melanjutkan pendidikan di perguruan tinggi adalah soal biaya kuliah.

Bagi kamu yang mendaftar di Universitas Gadjah Mada (UGM) lewat jalur Ujian Masuk Computer Based Test (UM CBT) selain wajib membayar Uang Kuliah Tunggal (UKT), kamu juga bakal dikenai Sumbangan Solidaritas Pendidikan Unggul (SSPU).

Masalah UKT dan uang pangkal masuk perguruan tinggi negeri (PTN) belakangan ini memang menarik perhatian masyarakat. Terlebih setelah muncul informasi mahasiswa baru yang diterima di salah satu PTN dengan besaran UKT dengan nomimal angka cukup tinggi.

Melalui akun Instagram resminya, UGM mencoba memberikan informasi terkait biaya UKT dan SSPU bagi calon mahasiswa yang diterima di jalur mandiri UGM 2023.

Baca juga: Rekrutmen PLN Group bagi S2-S3 Diaspora, Terbuka Untuk Fresh Graduate

Besaran biaya SSPU jalur Mandiri UGM 2023

Calon mahasiswa yang dinyatakan lolos lewat jalur mandiri UGM, besaran UKTnya belum tentu lebih tinggi dibandingkan calon mahasiswa yang diterima lewat jalur Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP) maupun Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (SNBT).

Pasalnya penentuan besaran UKT UGM untuk setiap mahasiswa bukan berdasarkan jalur masuk namun berdasarkan kemampuan ekonomi masing-masing.

Sedangkan bagi calon mahasiswa yang lolos lewat jalur mandiri, UGM tidak menerapkan "uang pangkal" yang diwajibkan bagi seluruh mahasiswa.

Namun UGM menerapkan Sumbangan Solidaritas Pendidikan Unggul (SSPU) yang hanya diperuntukkan bagi calon mahasiswa yang diterima melalui jalur UM CBT UGM yang masuk dalam kelompok UKT tertinggi atau UKT Pendidikan Unggul (tanpa subsidi).

UGM menekankan bahwa besaran UKT dan SSPU sama sekali tidak memengaruhi proses penerimaan karena penentuan UKT dan SSPU dilakukan setelah mahasiswa dinyatakan diterima di UGM.

Baca juga: Biaya Kuliah PNJ Jalur Mandiri 2023, Ini Besaran UKT dan IPI

Lantas berapa besaran SSPU di jalur Mandiri UGM?

Bagi calon mahasiswa dengan kemampuan ekonomi baik yang masuk dalam kelompok UKT tertinggi akan membayar besaran SSPU sebesar Rp 30 juta untuk bidang Ilmu Sains, Teknologi dan Kesehatan dan sebesar Rp 20 juta untuk bidang Ilmu Sosial dan Humaniora.

Dilansir dari laman resmi UGM, UKT Pendidikan Unggul UGM ditetapkan secara berkeadilan untuk menciptakan pendidikan unggul yang dapat dijangkau oleh seluruh masyarakat Indonesia.

UKT Pendidikan Unggul Bersubsidi UGM berupa subsidi sebesar 100 persen, 75 persen, 50 persen, atau 25 persen dari besaran nominal UKT Pendidikan Unggul.

UKT kelompok 1 dan 2 sebagaimana ditetapkan dalam Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 25 Tahun 2020 tentang Standar Satuan Biaya Operasional Pendidikan Tinggi Pada Perguruan Tinggi Negeri di Lingkungan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, akan diberikan subsidi 100 persen (tidak dikenakan biaya).

Biaya UKT di UGM

Berikut besaran biaya UKT Pendidikan Unggul di masing-masing jurusan UGM.

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com