Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kuliah Umum Ke-12 UBM Angkat Isu Tantangan Kecerdasan Buatan

Kompas.com - 19/06/2023, 17:57 WIB
Yohanes Enggar Harususilo

Penulis


KOMPAS.com – Program Studi Informatika, Sistem Informasi dan Data Science Universitas Bunda Mulia (UBM) dalam rangkaian The UBM Studium Generale Series 12 menghadirkan Luis Miraless, Dosen Computer Science Lecturer dari Technological University Dublin, Irlandia.

Dalam kuliah umum daring ini Luis Miraless mengakat tema “Unleashing the Power of Artificial Intelligence and Machine Learning: Now and Beyond”. Lebih dari 300 peserta berpartisipasi pada kuliah umum ini.

“Kita perlu menguasai kecerdasan buatan (AI) sebelum AI yang menguasai kita," pesan Luis Miraless. Luis Miraless juga menegaskan, pengembangan AI harus mengacu pada kepentingan masyarakat dan adanya elemen tanggung jawab di dalamnya.

Patricia Robin, Koordinator Humas The UBM Studium Generale melalui rilis resmi (19/6/2023) meyakini, optimalisasi pemanfaatan AI akan mendukung visi Indonesia 2045 menjadi negara ekonomi terbesar di dunia.

"Tuntutan evolusi lapangan pekerjaan membuat keahlian Artificial Intelligence, Machine Learning, Cloud Computing, Product Management menjadi keterampilan yang paling dibutuhkan saat ini," jelasnya.

Apalagi Indonesia menyumbang 40 persen dari ekonomi digital Asia Tenggara. Namun sayangnya, hal ini tidak sejalan dengan pembekalan keterampilan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) bagi Sumber Daya Manusia (SDM) di Indonesia.

"Kesenjangan ini harus segera diatasi dengan peran serta institusi pendidikan untuk membenahi masalah struktural dalam dunia pendidikan," tegasnya.

"Hal inilah yang kemudian mendorong Program Studi Informatika, Sistem Informasi, dan Data Science bermitra dengan Taiwan Asia University dan La Trobe University dalam pengembangan pendidikan," jelas Patricia.

Baca juga: Pakar UPI: Teknologi AI Bisa Dimanfaatkan untuk Kemajuan Bidang Olahraga

Ia juga mengatakan, Program Studi Informatika, Sistem Informasi, dan Data Science telah didukung tenaga pengajar berkualitas minimal pendidikan S2 dan juga praktisi yang mendukung pengembangan pembelajaran dengan peminatan Artificial Intelligence, dan Network Security untuk Program Studi Informatika serta IT Governance dan Enterprise System untuk Program Studi Sistem Informasi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com