Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 03/06/2023, 12:25 WIB
Albertus Adit

Penulis

KOMPAS.com - Siswi kelas XI salah satu SMA swasta di Jakarta, Kandice Kurniawan punya hati mulia. Pasalnya, dia rela menggunakan tabungan pribadi untuk membantu penerangan dua desa yang ada di Kabupaten Karawang Jawa Barat.

Wujud bantuan yang diberikan ialah solar panel bagi dua desa di daerah Karawang, yaitu Desa Segaran dan Desa Segarjaya.

Selain dari tabungan dia sendiri, Kandice juga dapat tambahan dana dari kerabat serta hasil pengajuan proposal ke sebuah perusahaan panel surya.

Total ada 9 solar panel yang dia beli dan disalurkan untuk dua desa tersebut. Tujuannya agar infrastruktur penerangan di kedua desa menjadi lebih baik lagi.

Baca juga: Siswa, Yuk Mengenal 5 Taman Nasional di Indonesia

Sebab, data dari Badan Pusat Statistik (BPS) 2021 menunjukkan, Karawang masuk dalam 5 kabupaten atau kota di Jawa Barat yang mengalami kemiskinan.

Ada sebanyak 25 desa di 5 kecamatan yang berada di wilayah Kabupaten Karawang masuk dalam kategori tersebut.

Untuk keseluruhan jumlah penduduk miskin di kabupaten ini mencapai 210.780 jiwa. Angka tersebut setara dengan 8,95 persen dari total penduduk.

Kurangnya penerangan jalan

Adapun salah satu indikator kemiskinan ini bisa terlihat dari kurang memadainya infrastruktur. Contoh nyata yang banyak ditemukan adalah penerangan jalan di sejumlah desa yang masih sangat minim.

"Dari riset yang saya lakukan, ternyata masih banyak desa yang kekurangan penerangan. Nah, dari situlah saya terpikir untuk memberikan bantuan berupa solar panel," ujarnya dalam keterangan tertulisnya, Sabtu (3/6/2023).

"Saya memilih solar panel dibanding penerangan yang menggunakan tenaga listrik karena sumber dayanya tidak terbatas dan dapat dipakai di mana saja selama ada matahari. Selain itu ramah lingkungan, menghemat biaya listrik, dan biaya perawatannya rendah," imbuh dia.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Rekomendasi untuk anda
28th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com