Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Siswi Ini Rela Gunakan Tabungan untuk Menerangi 2 Desa di Karawang

Kompas.com - 03/06/2023, 12:25 WIB
Albertus Adit

Penulis

KOMPAS.com - Siswi kelas XI salah satu SMA swasta di Jakarta, Kandice Kurniawan punya hati mulia. Pasalnya, dia rela menggunakan tabungan pribadi untuk membantu penerangan dua desa yang ada di Kabupaten Karawang Jawa Barat.

Wujud bantuan yang diberikan ialah solar panel bagi dua desa di daerah Karawang, yaitu Desa Segaran dan Desa Segarjaya.

Selain dari tabungan dia sendiri, Kandice juga dapat tambahan dana dari kerabat serta hasil pengajuan proposal ke sebuah perusahaan panel surya.

Total ada 9 solar panel yang dia beli dan disalurkan untuk dua desa tersebut. Tujuannya agar infrastruktur penerangan di kedua desa menjadi lebih baik lagi.

Baca juga: Siswa, Yuk Mengenal 5 Taman Nasional di Indonesia

Sebab, data dari Badan Pusat Statistik (BPS) 2021 menunjukkan, Karawang masuk dalam 5 kabupaten atau kota di Jawa Barat yang mengalami kemiskinan.

Ada sebanyak 25 desa di 5 kecamatan yang berada di wilayah Kabupaten Karawang masuk dalam kategori tersebut.

Untuk keseluruhan jumlah penduduk miskin di kabupaten ini mencapai 210.780 jiwa. Angka tersebut setara dengan 8,95 persen dari total penduduk.

Kurangnya penerangan jalan

Adapun salah satu indikator kemiskinan ini bisa terlihat dari kurang memadainya infrastruktur. Contoh nyata yang banyak ditemukan adalah penerangan jalan di sejumlah desa yang masih sangat minim.

"Dari riset yang saya lakukan, ternyata masih banyak desa yang kekurangan penerangan. Nah, dari situlah saya terpikir untuk memberikan bantuan berupa solar panel," ujarnya dalam keterangan tertulisnya, Sabtu (3/6/2023).

"Saya memilih solar panel dibanding penerangan yang menggunakan tenaga listrik karena sumber dayanya tidak terbatas dan dapat dipakai di mana saja selama ada matahari. Selain itu ramah lingkungan, menghemat biaya listrik, dan biaya perawatannya rendah," imbuh dia.

Tak hanya itu saja, dipilihnya solar panel karena punya ketahanan lampu yang lama. Hasil penelitian membuktikan panel surya dapat bertahan 25-30 tahun.

Baca juga: Mahasiswa KKN ITK Inovasi Hidroponik NFT Bertenaga Listrik Panel Surya

Untuk itulah, Kandice mengajak warga Desa Segaran dan Desa Segarjaya untuk memasang panel surya ini pada Minggu (28/5/2023). Tentu lampu itu dipasang di titik-titik yang masih cukup gelap ketika malam hari.

Aksi nyata Kandice untuk membantu penerangan dua desa itu mendapat apresiasi warga kedua desa tersebut.

Sekretaris Desa Segaran Wahyu Purnama merasa bersyukur warga bisa mendapatkan bantuan lampu tenaga surya dari pelajar yang sangat peduli terhadap orang lain.

"Kami mengucapkan terima kasih atas bantuan listrik tenaga surya. Semoga bantuan ini dapat memberikan manfaat bagi masyarakat kami karena penerangan jalan di sini masih sangat kurang dan mencegah kriminalitas di desa kami," tutur Wahyu.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com