Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Raih Doctor HC UMJ, UAH Paparkan 3 Poros Manajemen Pendidikan Islam

Kompas.com - 30/05/2023, 17:16 WIB
Yohanes Enggar Harususilo

Penulis

KOMPAS.com - Universitas Muhammadiyah Jakarta memberikan anugerah gelar kehormatan Doctor Honoris Causa (HC) kepada Ustaz Adi Hidayat (UAH) untuk bidang Manajemen Pendidikan Islam, Selasa (30/05/2023).

UAH diberikan gelar Doctor HC berdasarkan SK Rektor UMJ No. 218 Tahun 2023 tentang Penetapan pemberian gelar doktor kehormatan Dr. (HC) pada Ustaz Adi Hidayat Lc. MA., di Aula KH. A. Azhar Basyir UMJ.

Prof. Masyitoh Chusnan, Ketua Promotor dalam laporan pertanggung jawaban menyampaikan, selama dua tahun UAH telah melakukan penelitian, penelusuran kebenaran, serta penilaian kelayakan dan kepatutan Tim Promotor UMJ.

UAH dinilai sebagai figur yang memiliki kedalaman ilmu pengetahuan bidang agama Islam, terutama dalam pengelolaan lembaga pendidikan, pengelolaan model dakwah memanfaatkan kemajuan teknologi dan penyebarluasan dakwah melalui berbagai bentuk media dan media sosial.

Rektor UMJ Ma’mun Murod menyampaikan pertimbangan lain dari penganugerahan tersebut bukan hanya didasari bahwa UAH adalah kader Muhammadiyah.

”Saya menilai Ustaz Adi Hidayat sebagai sosok yang sangat cerdas, dapat menghasilkan satu metode menghafal Al-Quran yaitu metode At-Taisir. Selain itu, saya menyebut UAH sebagai dai yang sangat alim bahkan humoris, namun jarang tertawa memperlihatkan gigi, karena disitulah sunahnya," kata Ma’mun.

Ketua Umum PP Muhammadiyah Prof. Haedar Nasihir menyampaikan, penganugerahan Doctor Honoris Causa oleh Prodi Doktor Manajemen Pendidikan Islam Sekolah Pascasarjana UMJ kepada UAH merupakan representasi pendidikan Islam transformatif yang harus diimplementasikan dan disebarluaskan kepada masyarakat luas di lingkungan Muhammadiyah.

"Saya yakin penganugerahan gelar Doctor HC yang diberikan kepada Ust. Adi Hidayat oleh UMJ adalah tepat. Terlebih Ust. Adi Hidayat merupakan sosok luar biasa, termasuk hapalannya," ungkap Prof. Haedar.

"Kami percaya setelah Ust. Adi Hidayat memperoleh gelar yang tinggi ini akan semakin tinggi ilmunya, serta tawadhu dalam mengembangkan pendidikan islam kepada persyarikatan umat, bangsa, dan global," tambahnya.

Baca juga: Honoris Causa dan Laboris Causa untuk Romo Prier

Kepala LLDIKTI Wilayah III DKI Jakarta Paristianti Nurwardani menyampaikan, metode pendekatan pendidikan yang digunakan UAH merupakan pendekatan pendidikan melampaui Tri Dharma Perguruan Tinggi untuk mensinergikan konsep, struktur, serta pemuliaan karakter pendidikan.

“Penganugerahan ini merupakan hal luar biasa dan aset untuk UMJ. Saya pun mengusulkan kepada PP. Muhammadiyah untuk membawa Ust. Adi Hidayat agar segera dipromosikan menjadi Profesor Honoris Causa dari Universitas dr. Hamka,” ungkap Paris.

3 Poros Manajemen Pendidikan Islam

Halaman:

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com