Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Jurusan Kuliah yang Hanya Ada di Luar Negeri

Kompas.com - 17/04/2023, 19:17 WIB
Dwi Oktariana,
Dian Ihsan

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Menentukan jurusan kuliah bagi siswa yang baru saja menyelesaikan pendidikan di jenjang Sekolah Menengah Atas (SMA) merupakan hal yang sangat penting.

Saat menentukan jurusan kuliah, maka harus memperhitungkan bakat dan bidang minat yang dimiliki oleh calon mahasiswa.

Baca juga: Guru Penggerak Jadi Pejuang untuk Transformasi Pendidikan Indonesia

Menentukan jurusan kuliah yang tepat juga merupakan salah satu langkah pencegahan agar mahasiswa yang akan berkuliah nantinya tidak akan merasa salah masuk jurusan dan berujung tidak melanjutkan studinya.

Di Indonesia, ada lebih dari 3.000 universitas yang siap menyambut calon mahasiswa baru dengan berbagai jurusan yang tersedia.

Namun, tidak dapat dipungkiri bahwa masih ada banyak jurusan kuliah di beberapa bidang ilmu yang belum tersedia di Indonesia.

Untuk itu, berkuliah di luar negeri dapat menjadi solusi bagi calon mahasiswa yang memiliki minat di jurusan yang belum tersedia di Indonesia.

Dilansir dari laman Instagram @titiknolenglish, berikut ini 5 jurusan kuliah yang hanya ada di luar negeri yang bisa menjadi referensi kamu untuk menentukan jurusan kuliah yang diminati.

Baca juga: Beasiswa S2 Inggris 2023 bagi Perempuan, Kuliah Gratis dan Uang Saku

5 jurusan kuliah yang hanya ada di luar negeri

1. Innovation and Global Sustainable Development

Topik pembangunan berkelanjutan atau yang dikenal dengan sustainable development goals menjadi pembahasan yang paling sering terdengar dalam kurun waktu beberapa tahun terakhir.

Sebagai salah satu program utama Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) yang harus dicapai oleh seluruh anggota negara pada tahun 2030, program ini sangat membutuhkan banyak ahli dan sumber daya manusia yang mumpuni.

Jurusan Innovation and Global Sustainable Development ini dapat menjadi salah satu jawaban, karena jurusan ini memiliki cakupan disiplin ilmu yang cukup luas.

Di jurusan ini, mahasiswa akan mempelajari ilmu terkait inovasi ekonomi, sosial, dan pengembangan yang berkelanjutan.

Jurusan ini dapat ditemui di beberapa kampus di Eropa, seperti Lund University di Swedia dan University of Oslo di Norwegia.

Baca juga: 14 Kampus Luar Negeri Punya Jurusan Bahasa Indonesia, Termasuk Harvard

2. Pedagogy and Teaching for Sustainability

Masih dalam topik berkelanjutan, Jurusan Pedagogy and Teaching for Sustainability menekankan pada metode pengajaran dan kurikulum yang menggunakan aspek berkelanjutan untuk lingkungan dan sosial budaya.

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com