Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Keunggulan Jurusan Komunikasi, Kamu Tertarik?

Kompas.com - 17/04/2023, 15:10 WIB
Albertus Adit

Penulis

Sumber UMN

KOMPAS.com - Calon mahasiswa yang masih bingung menentukan jurusan kuliah, maka bisa coba ambil Jurusan Komunikasi.

Seperti apa ilmu komunikasi itu? Apakah akan banyak bicara atau berkomunikasi? Tentu, definisi komunikasi itu ada banyak.

Bisa diartikan bercakap-capak, menyampaikan pesan, ataupun berbicara di depan banyak orang. Meski terdengar simpel, tetapi sebetulnya mengambil kuliah Komunikasi tidaklah semudah berbicara belaka.

Para lulusan Komunikasi merupakan seorang ahli strategi komunikasi yang mampu menggunakan kekuatan kata sebagai senjatanya.

Baca juga: Yuk Intip Prospek Kerja Ilmu Komunikasi

Tak heran, untuk meningkatkan reputasi atau brand serta menyelamatkan perusahaan dari krisis, seorang pakar komunikasi dibutuhkan. Itulah salah satu keunggulan lulusan Komunikasi.

Jika kamu tertarik dengan dunia komunikasi, maka ini beberapa keunggulan Jurusan Komunikasi. Informasi dirangkum dari laman Universitas Multimedia Nusantara (UMN), Minggu (16/4/2023).

Keunggulan Jurusan Komunikasi

1. Jenjang karier luas

Dengan kemampuannya untuk mengemas pesan menjadi menarik ke khalayak ramai, lulusan Komunikasi dibutuhkan di berbagai bidang di perusahaan.

Sebut saja sebagai public relations yang bertugas untuk menjaga dan membangun image perusahaan.

Ada pula social media strategist yang berfungsi untuk menyusun konten di media sosial sehingga produk atau jasa yang dipromosikan oleh perusahaan dapat diterima oleh konsumen dengan baik.

Atau event planner yang dibutuhkan agar sebuah acara dapat berlangsung dengan menarik dan teratur.

Baca juga: Ingin Kuliah Jurusan Ilmu Komunikasi? Ini Prospek Kariernya

Selain itu, lulusan komunikasi juga dapat berkecimpung di bidang marketing, advertising atau periklanan, kesehatan, politik, bahkan pendidikan.

2. Mengikuti perkembangan zaman

Komunikasi tidak hanya sebatas berbicara tanpa alur semata. Tetapi komunikasi merupakan sebuah ilmu yang patut dipelajari secara serius.

Seorang komunikator yang baik adalah mereka yang bisa menyampaikan pesannya dengan baik dan pesan tersebut dimengerti dengan tepat oleh para pendengarnya.

Oleh karena itu, saat masuk program studi komunikasi, kamu akan belajar banyak hal yang tentunya semua mengikuti perkembangan zaman.

3. Bisa tingkatkan kemampuan public speaker

Tentunya, salah satu kemampuan yang harus dimiliki oleh seorang mahasiswa Komunikasi adalah public speaking.

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com