Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

UM PTKIN 2023, UIN Jakarta Tawarkan 30 Prodi untuk 1.436 Mahasiswa

Kompas.com - 11/04/2023, 14:15 WIB
Dian Ihsan

Penulis

KOMPAS.com - Jalur Seleksi Ujian Masuk Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri atau UM PTKIN 2023 resmi dibuka Senin (10/4/2023).

Siswa peminat kuliah di UIN Jakarta bisa memilih program studi dari total 30 program studi (Prodi) yang ditawarkan di jalur ini.

Baca juga: Dibuka Hari Ini, Ini Cara Daftar dan Biaya Seleksi UM PTKIN 2023

Wakil Rektor Bidang Akademik UIN Jakarta, Prof. Dr. Ahmad Tholabi mengungkapkan, UIN Jakarta menawarkan 30 prodi lewat jalur UM PTKIN 2023.

"Ada 30 prodi yang kita tawarkan kepada para siswa pendaftar di jalur UM-PTKIN ini," ucap dia mengutip laman UIN Jakarta, Selasa (11/4/2023).

Sedangkan untuk kuotanya, UIN Jakarta menargetkan bisa menjaring 1.436 mahasiswa baru melalui jalur UM PTKIN 2023.

Sedangkan 30 prodi yang ditawarkan berasal dari berbagai fakultas.

Di antaranya Prodi Pendidikan Agama Islam, Prodi Pendidikan Bahasa Arab, Tadris Bahasa Inggris, Tadris Biologi, Tadris Fisika, Manajemen Pendidikan, Tadris Bahasa Indonesia, Tadris IPS, Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, dan Pendidikan Islam Anak Usia Dini.

Seluruh prodi itu berasal dari Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan.

Lalu, Prodi Bahasa dan Sastra Arab, Sejarah Peradaban Islam, dan Tarjamah di Fakultas Adab dan Humaniora. Selanjutnya, Prodi Studi Agama-Agama, Ilmu Alqur’an dan Tafsir, Ilmu Hadis, Aqidah dan Filsafat Islam, dan Ilmu Tasawuf di Fakultas Ushuluddin.

Untuk Fakultas Syariah dan Hukum, UIN Jakarta menawarkan prodi Hukum Keluarga Islam (Ahwal Syakhshiyyah), Perbandingan Mazhab, Hukum Tata Negara (Siyasah), Hukum Pidana Islam (Jinayah), dan Hukum Ekonomi Syariah (Muamalah).

Selanjutnya untuk Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi ditawarkan Prodi Komunikasi dan Penyiaran Islam, Bimbingan Penyuluhan Islam, Manajemen Dakwah, dan Pengembangan Masyarakat Islam.

Baca juga: Tes Calistung Dihapus untuk Masuk SD, Kemendikbud: Agar Anak Tak Stres

Kemudian ditawarkan juga Prodi Perbankan Syariah dan Ekonomi Syariah untuk Fakultas Ekonomi dan Bisnis.

Terakhir ditawarkan Prodi Dirasat Islamiyah untuk Fakultas Dirasat Islamiyah.

"Bagi para siswa yang berminat kuliah di UIN Jakarta, silahkan ikuti jalur seleksi UM PTKIN 2023 dan daftar melalui laman pendaftaran yang sudah disediakan panitia. Mudah-mudahan ini jadi jembatan Anda dalam meraih sukses dengan menempuh pendidikan tinggi yang berkualitas," jelas dia.

Asal tahu saja, pendaftaran UM-PTKIN dimulai pada 10 April hingga 15 Mei 2023 mendatang.

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com