Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pakar UGM Tak Anjurkan Olahraga Pagi Saat Puasa, Mengapa?

Kompas.com - 06/04/2023, 11:55 WIB
Dian Ihsan

Penulis

KOMPAS.com - Melakukan olahraga maupun aktivitas fisik merupakan salah satu cara yang dilakukan untuk menjaga tubuh tetap sehat dan bugar.

Lalu, saat menjalankan puasa apakah olahraga tetap dianjurkan?

Baca juga: Syarat Nilai Rapor dan Ijazah 5 Sekolah Kedinasan, STAN hingga Kemenhub

Dosen Departemen Gizi Kesehatan FKKMK UGM, Tony Arjuna menjelaskan olahraga saat berpuasa tetap bisa dilakukan, tapi di waktu yang tepat seperti mendekati waktu berbuka atau setelah melaksanakan salat tarawih.

"Saat berpuasa kalau mau melakukan olahraga idealnya saat dekat-dekat dengan waktu buka, 30 menit sampai 1 jam sebelum berbuka atau setelah tarawih," ucap dia mengutip laman UGM, Kamis (6/4/2023).

Sementara itu, ia tidak merekomendasikan olahraga di pagi hari saat berpuasa.

Menurut dia, berolahraga di pagi hari ketika berpuasa tidak ideal dilakukan bahkan cenderung berisiko bagi yang tidak terbiasa.

Sebab, saat berolahraga penggunaan kalori lebih banyak yang akan membuat gula darah lebih cepat turun.

Hal itu akan membuat tubuh lemas dan akan terasa lapar sepanjang hari.

Kondisi tersebut, kata dia, akan berisiko tinggi terutama bagi penderita diabetes karena bisa terkena serangan hipoglikemia yang membahayakan nyawa.

"Tidak ideal olahraga pagi hari saat puasa karena ketahanan tubuh lebih lemah dan lemas. Tubuh mencari sumber alternatif pembakaran, yang harusnya glikogen bisa dibakar dalam 8 jam, tapi karena dipakai ketika olahraga tadi dan tidak ada makanan yang masuk otomatis dia habisnya lebih cepat. Ya otomatis sisa hari jauh lebih berat untuk dilewati," tutur dia.

Baca juga: 80 Siswa MAN 2 Malang Lolos SNBP 2023, 15 Siswa Masuk Kedokteran

Dietisien FKKMK UGM ini pun menekankan pentingnya pengelolaan waktu berolahraga saat berpuasa.

Pasalnya, tubuh melewati fase adaptasi ketika berolahraga saat berpuasa.

Olahraga pun tidak bisa dilakukan sama halnya saat sebelum berpuasa karena tubuh memerlukan waktu untuk melakukan penyesuaian.

Dia menjelaskan saat seseorang tidak berolahraga sama sekali di hari pertama dan kedua puasa, lapar yang dirasakan akan berbeda dengan hari setelahnya.

Baca juga: Syarat Daftar Poltekim & Poltekip 2023, Kuliah Gratis Lulus Jadi CPNS

Sebab, itu menjadi fase awal tubuh mengalami defisit kalori yang cukup signifikan.

"Jadi, otomatis akan berbeda kondisinya ketika di awal puasa. Setelah bertahap menyesuaikan baru kita mulai meningkatkan intensitasnya di tengah-tengah," tukas dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com