Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cek Alur dan Cara Daftar KIP Kuliah 2023

Kompas.com - 29/03/2023, 16:19 WIB
Valencia Putri,
Albertus Adit

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Program KIP Kuliah 2023 dibuka kembali. Mahasiswa bisa mulai mendaftarkan diri untuk mengikuti program KIP Kuliah.

KIP Kuliah secara khusus diperuntukkan bagi mahasiswa yang memiliki latar belakang kurang mampu tetapi memiliki segudang prestasi. KIP Kuliah bisa digunakan untuk Perguruan Tinggi Negeri maupun Swasta melalui semua jalur yang dimiliki oleh Perguruan Tinggi.

Pendaftaran KIP Kuliah Merdeka dimulai sejak 14 Februari hingga 31 Oktober 2023. Seleksi penetapan penerima baru akan dilakukan oleh masing-masing perguruan tinggi yang dituju, seleksi dimulai 1 Juli-31 Oktober.

Baca juga: Kapan Pengumuman KIP Kuliah Jalur SNBP 2023? Ini Informasinya

Mahasiswa yang mendaftar harus sudah lolos ke Perguruan Tinggi tujuan agar bisa melanjutkan seleksi yang dilakukan oleh masing-masing Perguruan Tinggi.

Jika kamu masih bingung dengan cara pendaftaran KIP Kuliah. Berikut dirangkum melalui laman resmi KIP Kuliah, alur dan cara daftar KIP Kuliah 2023:

Alur pendaftaran KIP Kuliah

1. Pendaftaran akun KIP Kuliah

2. Pendaftaran akun SNPMB

3. Pendaftaran SNBP/SNBT

4. Pengumuman SNBP/SNBT

5. Seleksi KIP Kuliah dari Perguruan Tinggi

Baca juga: 18 Jurusan Sepi Peminat di Unesa, Ada Prodi Diminati 46 Orang Saja

Cara daftar KIP Kuliah 2023

  1. Siswa dapat langsung melakukan pendaftaran secara mandiri di web Sistem KIP Kuliah pada laman kip-kuliah.kemdikbud.go.id atau melalui KIP Kuliah mobile apps.
  2. Pada saat pendaftaran, siswa memasukkan NIK, NISN, NPSN dan alamat email yang valid dan aktif.
  3. Sistem KIP Kuliah selanjutnya akan melakukan validasi NIK, NISN dan NPSN serta kelayakan mendapatkan KIP Kuliah.
  4. Jika proses validasi berhasil, Sistem KIP Kuliah selanjutnya akan mengirimkan Nomor Pendaftaran dan Kode Akses ke alamat email yang didaftarkan.
  5. Siswa menyelesaikan proses pendaftaran KIP Kuliah dan memilih jalur seleksi yang akan diikuti (SNMPTN/SBMPTN/SMPN/UMPN/Mandiri).
  6. Selanjutnya, Siswa menyelesaikan proses pendaftaran di portal atau sistem informasi seleksi nasional masuk perguruan tinggi sesuai jalur seleksi yang dipilih. Proses sinkronisasi dengan sistem tersebut akan dilakukan kemudian dengan skema host-to-host.
  7. Bagi calon penerima KIP Kuliah yang telah dinyatakan diterima di Perguruan Tinggi, dapat dilakukan verifikasi lebih lanjut oleh Perguruan Tinggi sebelum diusulkan sebagai calon mahasiswa penerima KIP Kuliah.

Baca juga: Jadwal dan Cara Daftar Ulang Jalur SNBP 2023 di UB

Itulah alur dan cara daftar KIP Kuliah 2023, pastikan juga data yang kamu masukkan sudah benar.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com