Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dosen FAI UMM Beberkan Sederet Dosa Kecil Saat Puasa

Kompas.com - 25/03/2023, 12:37 WIB
Albertus Adit

Penulis

KOMPAS.com - Bulan Ramadhan menjadi momen penting bagi umat Islam, terlebih yang sedang menjalankan ibadah puasa. Meski demikian, bulan Ramadhan juga memiliki banyak tantangan.

Apalagi yang sedang menjalankan ibadah puasa. Tak hanya sekedar menahan diri dari rasa haus dan lapar, tetapi umat muslim juga harus menahan hawa nafsu dan juga amarah.

Dosen Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Malang (UMM), Idaul Hasanah, S.Ag., M.HI., menjelaskan sederet hal-hal kecil yang itu adalah dosa dan perlu dihindari saat bulan Ramadhan.

Satu diantaranya adalah menjaga lisan. Sesederhana berhati-hati saat berbicara. Jangan sampai menyakiti orang dengan lisan kita.

Baca juga: 5 Tips Memaksimalkan Waktu Kuliah di Bulan Ramadhan

"Dalam hadits juga sudah dijelaskan, misalnya saja berbicara kotor, berbohong, menggunjing yang banyak orang tidak menyadarinya," ujarnya dikutip dari laman UMM, Jumat (24/3/2023).

Jadi, ia mengingatkan agar umat Islam selalu berhati-hati dengan lidah. Ia juga mengingatkan tentang pentingnya menjaga diri dari keburukan. Termasuk dari gawai yang senantiasa menemani di berbagai aktivitas.

Misalnya saja memposting sesuatu yang bisa menyakiti orang lain. Atau dengan menghindari keinginan untuk browsing hal-hal yang bisa membangkitkan hawa nafsu.

Dosa kecil lainnya ialah menggunjing bersama teman lewat chat juga wajib dihindari di bulan Ramadhan 2023 ini.

"Meski terlihat kecil, tapi dosa-dosa itulah yang seringkali membuat puasa kita tidak berkualitas dan berakhir menjadi puasa yang hanya menahan nafsu lapar dan haus semata," tegas dia.

Maka dari itu, ia mendorong umat muslim untuk mengisi Ramadhan dengan kesungguhan. Yakni dengan meningkatkan ibadah dan hubungan dengan orang lain.

Baca juga: 4 Persiapan Menyambut Ramadhan 2023 bagi Siswa

Jadi tidak hanya fokus ibadah, tapi juga beramal saleh. Dengan begitu, tidak hanya menambah pahala, tapi juga mendapatkan ampunan yang besar.

Tak hanya itu saja, dosen yang mengajar Jurusan Hukum Keluarga Islam itu juga memberikan tips memanfaatkan Ramadhan.

Bisa diawali dengan membuat perencanaan, yakni:

1. menambah kuantitas dan kualitas ibadah

2. mengkhatamkan Alquran

3. berusaha mendapatkan lailatul qodar

4. menjaga pola makan dan tidur sehingga bisa menjalankan puasa dengan tubuh yang sehat dan fit

Baca juga: Ibu Hamil Boleh Puasa? Ini Penjelasan Alumnus FK Unair

"Seperti pesan Rasullullah bahwa hari ini harus lebih baik daripada hari kemarin. Maka, Ramadhan tahun ini juga harus lebih baik dari Ramadhan kemarin dengan mencapai target-target tertentu dan mampu menjadi manusia bertaqwa ketika Ramadhan usai," tandasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com