Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 21/03/2023, 14:59 WIB
Albertus Adit

Penulis

KOMPAS.com - Pada 2023 ini, Scimago Institutions Rankings (SIR) telah merilis hasil pemeringkatan perguruan tinggi di Indonesia.

Hasilnya, salah satu kampus di Sumatera yakni Universitas Syiah Kuala (USK) menduduki posisi ketiga sebagai universitas terbaik di Indonesia.

Pada pemeringkatan ini, ada 59 kampus di Indonesia yang masuk. Sebagai peringkat pertama diduduki oleh Universitas Indonesia (UI) dan disusul Universitas Gadjah Mada (UGM) di posisi kedua.

Rektor USK, Prof. Dr. Ir. Marwan mengaku bersyukur atas capaian tersebut. Adapun keberhasilan USK masuk top three kampus terbaik di Indonesia menjadi semangat lebih bagi USK untuk terus meningkatkan prestasi.

Baca juga: 15 Perguruan Tinggi Terbaik di Indonesia Versi SIR 2023, UI Teratas

"Alhamdulillah kita bersyukur USK berada di peringkat ketiga kampus terbaik di Indonesia versi SIR," ujarnya dikutip dari laman USK, Selasa (21/3/2023).

"Ini modal berharga bagi USK yang sedang menjalankan status PTNBH, sekaligus bisa mempercepat langkah menjadi world class university," imbuh Rektor.

Ia juga menjelaskan, kesuksesan USK yang makin berprestasi tidak terlepas dari sejumlah hal penting yang terus digalakkan.

Tentu, salah satu aspek paling penting ada pada publikasi, terutama penelitian.

Dikatakan, USK senantiasa mendorong dan membantu para dosen untuk giat meneliti, dengan demikian publikasi menjadi meningkat baik secara kuantitas maupun kualitas.

Di saat yang sama, penelitian tersebut menjadi rujukan dunia, serta bisa melahirkan produk inovatif yang bermanfaat bagi masyarakat.

Scimago Institutions Ranking merupakan pengklasifikasi lembaga akademik yang terkait penelitian dengan menggabungkan tiga indikator, yaitu kinerja penelitian, inovasi, dan dampak sosial.

Baca juga: Ikut SNBT 2023? Cek 14 Prodi Paling Diminati di UNY

Scimago juga berkolaborasi dengan Elsevier yang menerbitkan perangkingan jurnal-jurnal di dunia, yaitu Scimago Journal Ranking (SJR).

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com