Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 21/03/2023, 14:11 WIB
Yohanes Enggar Harususilo

Penulis

KOMPAS.com - Universitas Negeri Jakarta (UNJ) mewisuda 1.776 wisudawan/wati dalam wisuda semester 117 tahun akademik 2022/2023 pada 21 Maret 2023 di Jakarta International Expo, Kemayoran, Jakarta.

Acara wisuda semester 117 tahun akademik 2022/2023 mengangkat tema “Membangun Kemandirian Universitas Menuju World Class University” dan disiarkan secara langsung melalui kanal YouTube Edura TV UNJ.

Pada wisuda semester 117 tahun akademik 2022/2023, Prof. Nizam, Plt. Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi Kemdikbudristek memberikan orasi ilmiahnya dengan judul “Lulusan UNJ sebagai Kader Reformasi Pendidikan Indonesia”.

Pada orasinya, Prof. Nizam, mengatakan lulusan UNJ diharapkan dapat menjadi lentera penerang atas muram dan kompleksnya berbagai tantangan di Indonesia. Calon-calon guru dan tenaga kependidikan dari UNJ, semoga dapat membentuk anak didiknya menjadi manusia seutuhnya.

"Adapun lulusan dari bidang non-kependidikan UNJ, Saya harap tetap membawa napas pendidikan dalam berbagai bidang kerjanya. Melalui pendidikan yang memerdekakan, kami yakin bangsa ini akan semakin bermartabat dan semakin berada dalam jalur menuju kemajuan," ungkap Prof. Nizam.

Rektor UNJ Prof. Komarudin  dalam pidatonya mengatakan, sejalan dengan tema yang diangkat oleh Prof. Ir. Nizam, dunia pendidikan, khususnya UNJ harus memiliki lulusan yang mampu menghadapi tantangan era disrupsi teknologi.

"Bagi UNJ, disrupsi teknologi merupakan peluang untuk bertransformasi Membangun Kemandirian Universitas Menuju World Class University (WCU)," tegas Prof. Komarudin.

"Untuk menjadi perguruan tinggi yang mandiri dan bereputasi dunia (World Class University), segenap civitas akademika UNJ harus membangun mimpi, cita-cita, dan pandangan yang jauh ke depan. Pintu pembuka kemandirian universitas adalah otonomi perguruan tinggi, salah satunya melalui status PTN-BH," tambahnya.

7 strategi menuju WCU

Untuk mewujudkan kemandirian UNJ, menurut Prof. Komarudin setidaknya ada 4 modal utama yang harus diperhatikan, yaitu: (1) kesiapan modal identitas/penciri universitas; (2) modal manusia; (3) sumber daya teknologi informasi; dan (4) sumber daya organisasi.

Baca juga: 21 PTN BH Siap Jadi Universitas Kelas Dunia, Ini Upayanya

 

Selain itu, perubahan mind set dan mental untuk berubah juga sangatlah penting. Menjadi perguruan tinggi terbaik, tidak cukup dengan predikat unggul saja dan mandiri saja, tetapi perlu diikuti dengan pencapaian pemeringkatan di dunia atau World Class University (WCU).

Untuk mewujudkan harapan ini, dibutuhkan komitmen, sinergitas, dan strategi yang tepat. Terkait hal ini, menurut Prof. Komarudin ada tujuh strategi bagi UNJ menuju WCU, yaitu:

  1. Penguatan tata kelola dan kinerja universitas
  2. Penguatan SDM dan kepakaran
  3. Penguatan core competent dan kualitas pendidikan
  4. Output riset dan pengabdian kepada masyarakat yang berdampak bagi masyarakat, DUDI, dan Negara
  5. Penguatan insfrastuktur dan sistem teknologi informasi
  6. Penguatan peran alumni dan jejaring kerja sama, baik nasional maupun internasional
  7. Penguatan publikasi, sitasi, dan sumber informasi pada website universitas

Prof. Komarudin menambahkan, sejalan dengan asa untuk membangun kemandirian UNJ menuju WCU, UNJ dari hari ke hari semakin memantapkan diri dengan berbagai raihan prestasi yang mendongkrat posisi pemeringkatannya di level nasional maupun internasional.

Dalam kurun empat hingga tujuh tahun terakhir, beberapa raihan prestasi UNJ di antaranya: Peringkat ke-39 dari 3.381 Perguruan Tinggi di Indonesia versi Webometrics tahun 2023 yang pada tahun 2018 lalu UNJ berada di peringkat 99 dan Peringkat ke-32 versi Scimago Ranking University pada tahun 2023 yang pada tahun 2020 lalu UNJ berada di peringkat 49.

Lalu pada kategori pemeringkatan subyek pendidikan, UNJ berada pada Peringkat ke-6 PTN Terbaik di Indonesia berdasarkan versi Scimago Institutions Rankings (SIR) 2022.

Jauh sebelumnya, UNJ merupakan Pionir perguruan tinggi yang meletakkan peta jalan pembangunan kota pendidikan dan koridornya melalui prasasti kota mahasiswa yang diletakkan oleh Presiden Soekarno yang menginspirasi pemeringkatan kota mahasiswa di dunia.

"Kita juga bangga, karena beberapa prodi di UNJ sudah meraih akreditasi internasional, baik dari Agency for Quality Assurance through Accreditation of Study Programmes (AQAS) maupun Accreditation in Engineering Computer Sciencies Natural Sciences Mathematics (ASIIN)," ungkap Rektor UNJ.

Lalu dalam mengelola keuangan Badan Layanan Umum (BLU), UNJ dari tahun 2019 sampai 2022 meraih prestasi penilaian Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari Kementerian Keuangan.

Sementara dari sisi kemahasiswaan, data pencapaian prestasi mahasiswa UNJ pada Desember 2022 sebanyak 1.593 prestasi, terdiri dari 62 prestasi tingkat internasional, 1.220 prestasi tingkat nasional, 89 prestasi tingkat provinsi/wilayah, dan 222 prestasi tingkat UNJ oleh mahasiswa aktif dan wisudawan.

Baca juga: 4 Jurusan Penting yang Hanya Ada di Universitas Luar Negeri

"Semua pencapaian ini patut kita syukuri bersama. Bagi para wisudawan, kami berharap semoga pencapaian prestasi ini dapat menjadi pemacu untuk meningkatkan prestasiprestasi yang lebih baik lagi dan juga dapat menjadi bekal untuk berkiprah di berbagai lembaga pendidikan, masyarakat, dan dunia kerja," tutup Prof. Komarudin.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com