Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 21/03/2023, 14:14 WIB
Mahar Prastiwi,
Dian Ihsan

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Pendaftaran Ujian Tulis Berbasis Komputer Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (UTBK SNBT) 2023 akan dibuka pada 23 Maret 2023 mendatang.

Calon peserta UTBK 2023 diimbau agar percaya diri dan berdoa agar lancar dalam pelaksanaan UTBK SNBT 2023.

Hal ini disampaikan Ketua Umum Tim Penanggung Jawab Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru (SNPMB) Prof. Mochamad Ashari dalam sosialisasi daring pendaftaran UTBK SNBT, Selasa (21/3/2023).

Prof. Ashari mengatakan, UTBK SNBT 2023 ini merupakan jalur kedua untuk masuk perguruan tinggi negeri (PTN).

Baca juga: Pendaftaran SNBT 2023 Dibuka 23 Maret, Simak Aturan Pilih Prodi

Tidak terkecoh informasi bocoran soal

UTBK SNBT memiliki kuota yang lebih besar dibanding jalur Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP). Sehingga kesempatan siswa untuk lolos PTN juga lebih besar.

Dalam pelaksanaan UTBK SNBT 2023 ini, Prof. Ashari menekankan agar calon peserta UTBK SNBT ini agar tidak terkecoh informasi yang berkaitan dengan bocoran soal, hasil (jawaban) dari UTBK sehingga peserta hanya tinggal mencontoh saja pada pelaksanaan ujian.

"Jangan percaya informasi seperti itu. Soal UTBK didesain tampilannya satu orang satu. Jika ada peserta berbuat curang melihat ke sebelah, tidak akan sama," terang Prof. Ashari.

Sehingga Prof. Ashari mengimbau agar peserta UTBK SNBT 2023 tetap percaya diri selama mengikuti ujian.

Selain jangan percaya terkait informasi bocaran soal, peserta UTBK SNBT 2023 juga jangan melakukan kecurangan selama mengikuti ujian.

Baca juga: Kapan KIP Kuliah buat UTBK SNBT 2023 Dibuka? Cek Infonya

Peserta UTBK diimbau tidak berbuat curang

Peserta UTBK SNBT 2023 harus mengedepankan sportivitas dan percaya diri. Peserta UTBK SNBT 2023 harus yakin bisa menyelesaikan semua soal UTBK.

"Jika ada yang melakukan kecurangan dengan menggunakan teknologi, ada pemeriksaan pencegahan pengamanan dari panitia. Jika melakukan kecurangan akan selesai di UTBK, selain itu juga akan diproses di aparat penegak hukum," tegas Prof. Ashari.

Rektor Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya ini menambahkan, ada perbedaan soal di UTBK SNBT 2023 jika dibanding pelaksanaan Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN).

Tahun ini UTBK SNBT 2023 sama-sama dilaksanakan dalam dua gelombang tes. Namun perbedaannya utamanya adalah dari sisi konten atau soal.

Tahun 2022, tes terdiri dari dua macam yakni Tes Potensi Skolastik (TPS) dan Tes Kemampuan Akademik (TKA). 

Peserta UTBK SNBT 2023 harus perhatikan soal

Untuk tahun ini, lanjut Ashari, UTBK SNBT 2023 hanya terdiri dari Tes Potensi Skolastik dan ada beberapa sub tes lagi yakni literasi Bahasa Indonesia, literasi bahasa Inggris dan penalaran Matematika.

"Untuk contoh soal juga sudah tersedia di laman resmi SNPMB 2023. Calon mahasiswa bisa melihat contoh soalnya seperti apa karena tahun ini soalnya lebih ke logika dan penalaran. Berbeda dengan pelaksanaan UTBK SBMPTN 2022," urainya.

Baca juga: Segini Biaya Kuliah ITB Jalur Mandiri 2023, Calon Mahasiswa Cek

Soal UTBK SNBT 2023 tidak menekankan pada sisi akademik berkaitan dengan mata pelajaran yang ada di SMA/SMK sederajat. 

"Jadi untuk menghadapi UTBK SNBT 2023, peserta harus tetap tenang dan santai. Kami yakin Anda punya kemampuan masing-masing orang berbeda. Calon mahasiswa bisa menyelesaikan soal UTBK dengan cepat dan tepat," tandas Prof. Ashari.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com