Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 21/03/2023, 14:52 WIB
Sandra Desi Caesaria,
Dian Ihsan

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Siswa yang mendaftar Ujian Tulis Berbasis Komputer Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (UTBK SNBT) 2023 diperingatkan panitia Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru (SNPMB) agar tidak berbuat curang. Itu karena akan memperoleh sanksi dari panitia.

Ketua Umum Tim Penanggung Jawab SNPMB 2023, Prof. Mochamad Ashari mengatakan kecurangan ini seperti menggunakan joki, mengunakan kunci bocoran atau kecurangan lain.

"Kami mengimbau ke peserta, jangan percaya pada bocoran kunci jawaban UTBK SNBT karena itu tidak pernah ada dan tidak benar," kata dia saat sosialisasi UTBK SNBT 2023 secara daring, Selasa (23/3/2023).

Dia mengatakan, masalah kecurangan ini selalu ada setiap tahun. Karena itu, pihak SNPMB terus meningkatkan sistem untuk mencegah kecurangan yang terjadi.

Baca juga: Kapan KIP Kuliah buat UTBK SNBT 2023 Dibuka? Cek Infonya

Antisipasi tersebut misalnya peserta yang mengikuti UTBK SNBT wajib menggunakan foto terbaru.

Pada pelaksanaan sebelumnya, ada joki yang mengganti foto peserta yang semestinya mengikuti seleksi dengan foto joki.

"Selalu saja ada potensi kecurangan, ini yang kami sayangkan," ucapnya.

Terkait UTBK, dia mengatakan juga ada perbedaan soal di UTBK SNBT 2023 dengan Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN).

Meski persamaannya dengan SBMPTN 2022 dilaksanakan dalam dua gelombang tes, tapi dari sisi konten atau soal berbeda jauh.

Pada SBMPTN 2022, tes terdiri dari dua macam yakni Tes Potensi Skolastik (TPS) dan Tes Kemampuan Akademik (TKA).

Untuk tahun ini, UTBK SNBT hanya terdiri dari Tes Potensi Skolastik dan ada beberapa sub tes lagi, yakni literasi Bahasa Indonesia, literasi bahasa Inggris, dan penalaran Matematika.

"Siswa bisa cek contoh soal juga sudah tersedia di laman resmi SNPMB 2023. Tahun ini soalnya lebih ke logika dan penalaran. Berbeda dengan pelaksanaan UTBK SBMPTN 2022," tambahnya.

Soal UTBK SNBT 2023 tidak menekankan pada sisi akademik atau soal bermuatan mata pelajaran yang ada di SMA, SMK maupun sederajat.

Baca juga: 15 Jurusan Sepi Peminat IPB di UTBK SNBT 2023

Sehingga jika ada yang menjanjikan bocoran jawaban maupun soal yang diklaim sumbernya dari panitia SNPMB, maka hal itu tidak benar.

Sanksi berat dilaporkan ke aparat penegak hukum

Rektor Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya ini mengatakan sanksi tak cuma di black list dari UTBK SNBT 2023, tapi ada juga hal lainnya.

"Jika melakukan kecurangan akan selesai di UTBK, selain itu juga akan diproses di aparat penegak hukum," tegas Prof. Ashari.

Dia meminta calon peserta tetap tenang menghadapi UTBK SNBT 2023.

"Tetap percaya pada kemampuan sendiri, yakin bisa mengerjakan semua soal," pungkasnya. 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com