Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Prof. Asep Saepudin Jahar Resmi Terpilih Jadi Rektor UIN Jakarta

Kompas.com - 01/03/2023, 15:57 WIB
Dian Ihsan

Penulis

KOMPAS.com - Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas akhirnya menetapkan Prof. Asep Saepudin Jahar sebagai Rektor UIN Jakarta periode 2023-2027.

Prof. Asep yang dilantik sebagai Rektor UIN Jakarta untuk menggantikan Prof. Amany Lubis MA yang telah menyelesaikan masa kepemimpinannya sepanjang 2019-2023.

Baca juga: Ibu dan Anak Raih Gelar Doktor Bersama di UNS dengan IPK 3,93

"Alhamdulillah hari Rabu, 1 Maret 2023 tadi ada pelantikan Rektor UIN Jakarta yang baru, yaitu Prof. Asep Jahar," ujar Kepala Biro Administrasi Administrasi Umum dan Kepegawaian UIN Jakarta, Juanda Naim dalam keterangannya.

Juanda berharap, penunjukan Prof. Asep Jahar sebagai Rektor UIN Jakarta memberikan suasana baru dan semangat baru.

"Wabil khusus terkait apa yang disampaikan Menteri Agama agar UIN Jakarta terus menjadi barometer (keilmuan dan keislaman) dan menjadi universitas PTN-BH. Itu tadi target dari Pak Menteri Agama kepada Rektor baru," tambah dia.

Dia menyatakan, dirinya dan para Kepala Biro UIN Jakarta lainnya siap memberikan support dan sumbangsih dengan apa yang disampaikan Menteri Yaqut agar UIN Jakarta menjadi baromter dan berubah jadi PTKIN yang berbadan hukum.

"Mudah-mudahan Allah meridhoi dan memberikan kelapangan dan kesuksesan kepada Prof. Asep," ucapnya.

Prosesi pelantikan dilakukan di Lantai 2 Gedung Kemenag, Lapangan Banteng, Jakarta, Rabu (1/3/2023).

Turut hadir dalam pelantikan Sekretaris Jenderal Kemenag Prof. Nizar dan Dirjen Pendidikan Islam Prof. Muhammad Ali Ramdhani.

Diketahui, Prof. Asep merupakan salah satu guru besar yang masuk dalam daftar calon Rektor UIN Jakarta periode 2023-2027.

Bersamanya, 16 guru besar lain mencalonkan diri, termasuk Rektor UIN Jakarta periode 2019-2022 Prof. Amany Lubis MA.

Sebelum dilantik menjadi Rektor, Prof. Asep merupakan Direktur Sekolah Pascasarjana UIN Jakarta periode 2019-2023.

Baca juga: Tambah 1, Kini UIN Jakarta Punya 83 Guru Besar

Dia menempati posisi ini untuk menggantikan Prof. Jamhari Makruf yang diangkat menjadi wakil rektor Universitas Islam Internasional Indonesia (UIII).

Selain menduduki sejumlah jabatan struktural di universitas, Prof. Asep merupakan Guru Besar bidang Sosiologi Hukum Islam.

Dia mengampu sejumlah mata kuliah seperti Introduction to Islamic Law, Islamic Personal and Public Law, Theories and Methods of Islam Law, Comparative Islamic Family Law, dan Contemporary Fatwas in the Muslim World.

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com