Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 08/02/2023, 15:11 WIB
Ayunda Pininta Kasih

Penulis

KOMPAS.com - Di tahun 2023, Universitas Indonesia akan melebur Program Sarjana (S1) Reguler dan Sarjana (S1) Pararel. Di tahun-tahun sebelumnya, Program Sarjana UI memiliki beberapa jenis kelas, yaitu S1 Reguler, S1 Paralel, S1 hingga Kelas Internasional (KKI).

Program pendidikan S1 Reguler adalah program pendidikan jenjang sarjana yang diselenggarakan di UI dengan daya saing paling tinggi. S1 Reguler hanya menerima lulusan SMA/sederajat maksimal 3 tahun yang lalu pada tahun pendaftaran.

Sementara Program S1 Paralel adalah program pendidikan jenjang sarjana yang diselenggarakan di UI dengan kurikulum yang sama dengan kurikulum Program Reguler. Hanya saja, S1 Paralel terbagi menjadi 2 program kelas yakni untuk lulusan SMA/Sederajat tanpa batasan ijazah tahun lulus dan untuk lulusan Diploma III, Diploma IV, dan Sarjana bidang ilmu yang berbeda.

Baca juga: 10 Jurusan Paling Diminati di UI dan UGM, Referensi SNBP 2023

Namun, pada 2023 program S1 Reguler dan S1 Paralel akan dilebur menjadi Program Sarjana (S1) yang bisa ditempuh melalui jalur Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP), Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (SNBT) dan Seleksi Mandiri.

Hal tersebut disampaikan Kepala Kantor Penerimaan Mahasiswa Baru UI, Gunawan. Ia mengatakan mulai penerimaan tahun 2023, Program S1 Reguler dan S1 Paralel UI dilebur menjadi Program Sarjana saja.

"Jadi nanti tidak ada lagi pendaftaran untuk program sarjana reguler maupun program sarjana paralel. Jadi hanya Sarjana, Sarjana Kelas Internasional, Sarjana RPL, Vokasi dan Vokasi RPL," jelas dia dalam Sosialisasi Jalur Penerimaan UI 2023 di Universitas Indonesia, Jumat (3/2/2022).

Daya Tampung UI 2023

Bagi calon mahasiswa yang akan memilih UI, di tahun 2023 UI membuka Jalur Nasional dan Jalur Mandiri.

Baca juga: Biaya Kuliah S1 Kedokteran UI, UGM, Unair, Undip, dan Unpad 2022

Jalur Nasional dapat ditempuh calon mahasiswa program Sarjana dan Vokasi melalui Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP) dan Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (SNBT). Kuota SNBP sebanyak 20 persen dan kuota SNBT sebanyak 30 persen.

Jalur mandiri dapat ditempuh calon mahasiswa yang memilih program Sarjana, Sarjana KKI, Sarjana RPL, Vokasi dan Vokasi RPL. UI menyediakan kuota untuk jalur mandiri sebanyak 50 persen.

Dari kuota tersebut, maka tahun 2023 UI juga telah mengumumkan daya tampung yang dibuka untuk masing-masing program, yaitu:

1. Program Sarjana

  • Jumlah prodi yang dibuka: 64
  • Daya tampung: 7.228

2. Sarjana KKI

  • Jumlah prodi yang dibuka: 30
  • Daya tampung: 846

Baca juga: Mahasiswa RI Korban Gempa Turkiye: Apartemen Hancur, Susah Cari Makan

3. Sarjana RPL

  • Jumlah prodi yang dibuka: 16
  • Daya tampung: 436

4. Vokasi

  • Jumlah prodi yang dibuka: 15 (D3:9, D4:6)
  • Daya tampung: 1.500

5. Vokasi RPL

  • Jumlah prodi yang dibuka: 6 (D4)
  • Daya tampung: 150

Bila dijumlahkan, maka total daya tampung UI di tahun 2023 sebanyak 10.159.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com