Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 08/02/2023, 15:41 WIB
Mahar Prastiwi,
Dian Ihsan

Tim Redaksi

Sumber Aku Pintar

KOMPAS.com - Saat mengikuti Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru (SNPMB) 2023 baik jalur Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP), Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (SNBT) maupun jalur Mandiri, siswa harus memilih jurusan kuliah yang sesuai dengan bakat dan minatnya.

Selain itu, siswa juga harus mengetahui kemampuan dirinya saat memilih suatu jurusan kuliah. Jangan sampai, karena hanya ikut-ikutan teman justru memilih jurusan kuliah yang tidak sesuai dengan kemampuan dirinya.

Saat menjalani perkuliahan justru merasa keteteran dan menyesal sudah memilih jurusan tersebut.

Dari banyaknya jurusan yang tersedia di perguruan tinggi negeri (PTN) di Indonesia, ada beberapa jurusan kuliah yang terkenal mudah untuk menjalaninya.

Baca juga: 25 Pekerjaan Bergaji Tinggi bagi Lulusan Jurusan Teknik

Jurusan kuliah paling mudah

Melansir dari laman Aku Pintar, Rabu (8/2/2023) membagikan informasi mengenai 5 jurusan kuliah paling mudah. Jurusan kuliah paling mudah ini bisa jadi referensi para calon mahasiswa dalam memilih jurusan di SNPMB 2023 baik di jalur SNBP 2023 maupun SNBT 2023.

1. Pariwisata

Salah satu jurusan kuliah paling mudah adalah jurusan Pariwisata. Siswa yang suka jalan-jalan, sangat cocok memilih jurusan ini.

Mahasiswa Pariwisata dalam kegiatan perkuliahan sering melakukan kegiatan di luar kelas. Bahkan dalam kegiatan perkuliahan juga mendatangi obyek-obyek pariwisata.

Meski menjadi jurusan paling mudah, Pariwisata terkenal menjadi jurusan yang menjanjikan. Bahkan sebelum lulus, mahasiswa Pariwisata bisa bekerja part time. Hal ini bisa dilakukan apabila kamu mau memanfaatkan peluang kerja di bidang pariwisata.

Selain belajar, kamu tetap bisa jalan-jalan, dan dibayar pula. Meski menjadi jurusan kuliah paling mudah, mahasiswa Pariwisata tetap harus serius dalam menjalani perkuliahan.

Baca juga: 8 Jurusan Paling Santai dan Mudah, Calon Mahasiswa Pilih Mana?

2. Sastra Indonesia

Sebagai bahasa nasional, sejak duduk di bangku TK hingga SMA, tentu sudah akrab menggunakan bahasa Indonesia. Karena sudah mengenal dan menggunakan Bahasa Indonesia sejak kecil, saat memilih jurusan kuliah Sastra Indonesia juga minim mengalami kendala yang berarti.

Sejak sekolah juga siswa telah dikenalkan oleh beberapa macam karya sastra seperti puisi, cerpen, dan karya-karya sastra yang lain selama sekolah. Sehingga bisa dikatakan jurusan Sastra Indonesia adalah jurusan kuliah yang gampang. Tertarik memilih jurusan ini di SNBP atau SNBT 2023 nanti?

3. Ilmu Hukum

Jurusan yang dikenal menjadi jurusan kuliah paling mudah adalah Ilmu Hukum. Meski dikenal sebagai jurusan kuliah yang santai tapi Ilmu Hukum merupakan jurusan yang menjanjikan. 

Siswa yang memilih jurusan Ilmu Hukum akan memilih satu konsentrasi. Pilihanmu itu nantinya akan menentukan pendidikan profesi dan jenjang pendidikan berikutnya. 

Meski mudah, saat memilih jurusan Ilmu Hukum kamu tetap harus tekun dan memperbanyak jejaring. Berawal dari staf legal atau bekerja di firma hukum, alumni Ilmu Hukum dikenal punya penghasilan bagus.

Baca juga: Apakah Siswa Gap Year Bisa Daftar KIP Kuliah 2023? Cek Infonya

4. Pendidikan Jasmani

Jurusan kuliah yang dikenal paling mudah lainnya adalah Pendidikan Jasmani. Jika kamu siswa yang menyukai bidang olahraga, jurusan Pendidikan olahraga ini bisa jadi pilihan.

Halaman:
Sumber Aku Pintar


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com