Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 08/02/2023, 14:56 WIB
Yohanes Enggar Harususilo

Penulis

KOMPAS.com - Universitas Prasetiya Mulya (Prasmul) membuka program "Beasiswa Guru dan Anak Guru" dari seluruh Indonesia. Program ini merupakan bentuk dukungan dan apresiasi Prasmul bagi guru untuk meningkatkan kapasitas dan memperluas peran mereka di tengah masyarakat.

“Program magister akan memberi kesempatan kepada para guru untuk belajar tentang berbagai hal baru, menerapkan ilmunya dalam peningkatan karir serta memperluas potensi di berbagai bidang, seperti dosen, peneliti atau wirausahawan," ungkap Sagita Utama, Direktur Marketing dan Customer Relation, Universitas Prasetiya Mulya.

"Program ini juga merupakan gerbang bagi tenaga pendidik untuk mendapatkan beasiswa selanjutnya dari berbagai kampus dalam dan luar negeri, sekaligus memperluas jaringan profesional karena para guru kini dapat terlibat dalam berbagai proyek bersama rekan-rekannya dari berbagai bidang,” tambahnya.

Syarat dan cakupan beasiswa 

Universitas Prasmul membuka kesempatan untuk para guru tetap SMA/MAN di seluruh Indonesia yang telah menjalani profesi sebagai guru selama lebih dari 3 tahun.

Sepuluh guru terpilih akan mengikuti kuliah pada salah satu jurusan yang tersedia, yaitu Manajemen Bisnis, Manajemen Stratejik dan Applied Business Analytics.

Kampus ini juga menyediakan beasiswa program S1 untuk 10 anak guru terpilih. Mereka dapat kuliah di School of Business and Economics (SBE)/School of Applied Science Technology, Engineering, and Mathematics (STEM) dan School of Law and International Studies (SLIS).

Melalui program ini, Universitas Prasmul berharap dapat mengambil peran aktif dalam melahirkan pebisnis dan profesional yang berkarakter, termasuk dari lingkungan keluarga guru, di berbagai pelosok wilayah di Indonesia.

Baca juga: Tips Lolos Beasiswa KIP Kuliah dari Kemahasiswaan UM Surabaya

Jadwal pendaftaran

Para calon penerima beasiswa dapat mengajukan aplikasi melalui https://www.prasetiyamulya.ac.id/beasiswa-guru/ hingga 26 Februari 2023 untuk gelombang pertama dan 26 Maret 2023 untuk gelombang kedua.

Sementara untuk anak guru, gelombang pertama dibuka mulai hari ini hingga 6 Maret 2023 dan gelombang kedua dibuka mulai 21 Maret - 8 Mei 2023.

Pendaftaran Beasiswa Anak Guru (Program S1)

Periode 1

  • Pendaftaran Online: 7 Feb - 6 Maret 2023
  • Tanggal Test: 12 Maret 2023

Periode 2

  • Pendaftaran Online: 21 Maret - 8 Mei 2023
  • Tanggal Test: 14 Mei 2023

Pendaftaran Beasiswa Guru (Program S2)

Periode 1

  • Batas Pendaftaran Online: 26 Feb 2023
  • Tanggal Test: 4 Maret 2023

Periode 2

  • Batas Pendaftaran Online: 26 Maret 2023
  • Tanggal Test: 1 April 2023
Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com