Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 08/02/2023, 15:11 WIB
Sandra Desi Caesaria,
Dian Ihsan

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Ada beberapa cara daftar yang mudah dan bisa diikuti sekolah untuk bisa menggunakan Kurikulum Merdeka tahun ajaran 2023/2024.

Masih ada waktu hingga 31 Maret 2023 bagi sekolah atau satuan pendidikan yang berminat mengimplementasikan Kurikulum Merdeka. Sehingga, perlu bagi sekolah atau satuan pendidikan yang baru pertama kali mendaftar, memahami caranya.

Kurikulum Merdeka adalah kurikulum dengan pembelajaran intrakurikuler yang beragam. Jadi guru memiliki keleluasaan untuk memilih berbagai perangkat ajar, sehingga pembelajaran dapat disesuaikan dengan kebutuhan belajar dan minat peserta didik.

Baca juga: Pendaftaran Kurikulum Merdeka Dibuka, Ini yang Harus Disiapkan Sekolah

Dilansir dari laman Direktorat SMP Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbud Ristek), cara mendaftarnya bisa dilakukan melalui Platform Merdeka Mengajar.

Jika satuan pendidikan atau sekolah baru akan mendaftar Kurikulum Merdeka di tahun 2023 ini, maka bisa mengikuti beberapa langkah pendaftaran Kurikulum Merdeka melalui Platform Merdeka Mengajar.

Cara daftar Kurikulum Merdeka 2023

1. Masuk ke Platform Merdeka Mengajar menggunakan akun Belajar.id.

2. Masuk ke halaman utama, klik bagian Pengumuman dan Jadwal terkini, lalu klik Daftar di Sini.

Baca juga: 5 Tanda Anak Perlu Ikut Les Tambahan

3. Selanjutnya klik "Mulai Pendaftaran". Pastikan data diri dan satuan pendidikan sudah sesuai. Lalu klik "Daftarkan Sekarang".

4. Bagi satuan pendidikan yang baru akan mendaftar, bisa mempelajari Kurikulum Merdeka dengan menonton dua buah video tentang Kurikulum Merdeka.

5. Jika sudah, pilih opsi awal sesuai dengan kesiapan satuan pendidikan. Pilihan awal bukanlah pilihan final.

Baca juga: 10 Jurusan yang Bakal Booming di Masa Depan, Referensi SNBP-SNBT 2023

6. Setelah memilih opsi awal, isi kuesioner yang diberikan untuk mendapatkan rekomendasi kategori yang sesuai dengan kondisi satuan pendidikan.

7. Khusus untuk satuan pendidikan swasta, ada tahapan wajib untuk mengunggah surat pernyataan yang berisi bahwa yayasan mengizinkan sekolah mendaftar Kurikulum Merdeka.

8. Hasil dari kuesioner yang telah diisi tadi akan menampilkan rekomendasi opsi Kurikulum Merdeka bagi satuan pendidikan. 

Setelah itu, sekolah dapat memilih opsi Kurikulum Merdeka sesuai dengan rekomendasi atau sesuai pilihan yang diinginkan. Selanjutnya klik pilih dan selesaikan pendaftaran. 

Sekolah dapat mengubah opsi implementasi Kurikulum Merdeka selama periode pendaftaran (maksimal tiga kali).

Halaman Berikutnya
Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com