Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 27/01/2023, 15:27 WIB
Dian Ihsan

Penulis

KOMPAS.com - Dunia perfilman Indonesia kembali mengukir prestasi di kancah internasional.

Aktris peraih penghargaan pencapaian seumur hidup dari Festival Film Indonesia, Christine Hakim muncul di episode kedua serial film The Last Of Us yang tayang di Los Angeles, California, Amerika Serikat pada 9 Januari 2023.

Baca juga: Muhammadiyah Tambah 1 Universitas Lagi di Sulawesi Selatan

Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbud Ristek) turut bangga serta mengapresiasi prestasi yang diukir Christine Hakim.

Itu karena, Christine Hakim bisa membanggakan tanah air perfilman Indonesia di kancah internasional.

"Kemendikbud sangat bangga dan mengapresiasi Christine Hakim atas kontribusinya bagi perfilman Indonesia, yang kini telah mengepakkan sayapnya ke perfilman di kancah internasional," ucap Direktur Perfilman, Musik, dan Media Kemendikbud Ristek Ahmad Mahendra dalam keterangannya dikutip Jumat (27/1/2023).

Sebagai bentuk apresiasi, Kemendikbud Ristek memfasilitasi Christine Hakim untuk turut hadir pada Premiere Film di Amerika Serikat pada beberapa waktu lalu.

"Ini merupakan dukungan Direktorat Perfilman, Musik, dan Media dalam mengapresiasi para aktris dan sineas Indonesia yang telah berkarya serta membawa nama baik Indonesia di dunia internasional," ucap Mahendra.

Baca juga: Rekrutmen SIPSS Polri 2023 untuk Lulusan D4, S1, dan S2, Ayo Daftar

The Last of Us merupakan serial HBO yang kisahnya tentang wabah infeksi mematikan yang telah membunuh sebagian besar peradaban modern.

Pada episode kedua "The Last of Us", Christine Hakim berperan sebagai seorang Pakar Mikologi dari Universitas Indonesia (UI) yang bernama Ratna Pertiwi.

Christine Hakim pun muncul pada adegan pembuka episode tersebut.

Selain Christine Hakim, Yayu Unru juga turut memerankan karakter Agus Hidayat sebagai personil TNI dalam serial tersebut.

Film yang diadaptasi dari permainan populer survival horror di platform PlayStation 4 ini telah menayangkan episode ke-2 pada kanal HBO serta HBO Max.

Baca juga: Ini Prospek Kerja dan Gaji Ahli Mikologi yang Diperankan Christine Hakim di Film The Last of Us

Hasilnya, film yang dibintangi Christine Hakim ini telah disaksikan sebanyak 5,7 juta penonton pada tayangan perdananya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com