Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 27/01/2023, 15:05 WIB
Dian Ihsan

Penulis

KOMPAS.com - Bupati Lebak Iti Octavia Jayabaya meraih Gelar Doktor Ilmu Administrasi Publik Universitas Padjadjaran dengan yudisium Cumlaude.

Gelar tersebut diraih usai pelaksanaan Sidang Promosi Doktor di Bale Sawala Gedung Rektorat Unpad Jatinangor, Kamis (26/1/2023).

Baca juga: Cucun Syamsurijal Lulus Cumlaude Sidang Doktor di Unpad

Iti Octavia lulus program Doktor setelah mempertahankan disertasinya berjudul "Strategi Pengembangan Pariwisata Lebak Unique melalui Pendekatan City Branding di Kabupaten Lebak".

Dalam penelitiannya, Iti menemukan strategi pengembangan pariwisata Lebak melalui 'Lebak Unique' telah berhasil meningkatkan citra positif Kabupaten Lebak.

Berdasarkan hasil riset yang telah dikemukakan, ditemukan bahwa Kabupaten Lebak yang awalnya memiliki stigma negatif dan masuk ke dalam data salah satu daerah kabupaten/kota yang tertinggal di Indonesia, selama beberapa tahun dapat berhasil me-rebranding stigma tersebut.

"Perubahan stigma tersebut disebabkan oleh strategi city branding yang dilakukan oleh pemerintah Kabupaten Lebak," ucap dia dalam keterangannya dikutip dari laman Unpad, Jumat (27/1/2023).

Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan, Iti juga menemukan bahwa strategi pengembangan pariwisata melalui pendekatan city branding di Kabupaten Lebak sudah dijalankan melalui empat dimensi, yaitu identity (identitas), objective (tujuan), communication (komunikasi), dan coherence (keselarasan).

Lebak Unique diangkat karena keunikan yang ditonjolkan terhadap potensi alam dan budaya di Kabupaten Lebak untuk dijadikan sebagai daya tarik wisata untuk meningkatkan perekonomian daerah.

Tagline Lebak Unique ini juga menjadi pedoman daerah dalam arah pengembangan sektor pariwisata agar bisa menonjolkan keunikan daerah atau kearifan lokal melalui keunggulan komparatif yang dimiliki. Tujuan (objective) tersebut dijalankan dengan konsisten oleh semua stakeholder yang terkait.

Baca juga: Rekrutmen SIPSS Polri 2023 untuk Lulusan D4, S1, dan S2, Ayo Daftar

Sedangkan dalam komunikasi diwujudkan melalui bagaimana pemerintah melakukan komunikasi, baik online maupun offline.

Pada aspek kesesuaian, proses implementasi yang dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten Lebak dapat memastikan segarala bentuk program komunikasi dari suatu kota terintegrasi, konsisten, dan menyampaikan pesan yang sama.

Di lapangan, Iti Octavia menemukan keberhasilan Lebak Unique tidak terlepas dari komunikasi persuasif Pemerintah Kabupaten Lebak dengan berbagai pihak sehingga Lebak Unique bukan hanya menjadi tagline, tetapi ciri khas Kabupaten Lebak.

Selain itu, perwujudan Lebak Unique juga merupakan komitmen pemimpin dalam mengimplementasikan city branding yang telah disusun.

"Pemerintah Kabupaten Lebak menjadikan pariwisata sebagai fokus utama pelaksanaan pembangunan di samping program pembangunan infrastruktur dan program pengentasan kemiskinan lainnya," jelas Iti Octavia Jayabaya.

Baca juga: Muhammadiyah Tambah 1 Universitas Lagi di Sulawesi Selatan

Sidang Doktor Iti Octavia Jayabaya diketuai oleh Dekan FISIP Unpad Dr. R. Widya Setiabudi Sumadinata dan bertindak sebagai sekretaris sidang merangkap anggota tim oponen ahli Dr. H. Heru Nurasa.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com