Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Perkuat Kerja Sama Dua Negara, Unsada Gelar Lomba Pidato Bahasa Jepang

Kompas.com - 11/12/2022, 18:53 WIB
Yohanes Enggar Harususilo

Penulis

KOMPAS.com - Universitas Darma Persada (Unsada) menggelar Lomba Pidato Bahasa Jepang Tingkat Universitas pada Sabtu 10 Desember 2022 yang diikuti oleh 10 universitas, di mana sembilan di antaranya merupakan perguruan tinggi negeri.

Selain itu, Lomba Pidato Bahasa Jepang juga dihadiri siswa SMA dan SMK di DKI Jakarta yang didampingi para guru.

Lomba ini merupakan kerja sama antara Unsada dengan Universitas Hiroshima yang tergabung dalam Universitas Hiroshima-Persada Joint Project Center bekerja sama dengan Komaru Transportation Foundation.

"Tahun lalu, lomba ini diadakan secara daring. Jadi, tahun ini saya sangat merasa senang dapat bertatap muka secara langsung dengan hadirin sekalian di Indonesia," ungkap Duta Besar Jepang untuk Indonesia Kanasugi Kenji dalam sambutan pembukaan acara.

Kenji juga menjelaskan, Indonesia menempati peringkat kedua di dunia dalam hal jumlah pembelajar bahasa Jepang, sehingga banyak orang yang familiar dengan bahasa Jepang.

"Dua tahun berlalu setelah saya datang ke Indonesia dan saya sangat sering disapa dengan Konnichiwa atau Arigatou. Dari situ tidak jarang pula percakapan dimulai. Dengan mempelajari suatu bahasa, secara bersamaan kita juga mempelajari budaya negara tersebut," ujar Kenji.

Bagi peserta yang mempelajari bahasa Jepang, lanjut Kenji, ia harap ke depan juga bisa belajar dengan menyenangkan, sambil memperdalam pemahaman mengenai budaya Jepang.

Dalam kesempatan sama, Rektor Unsada Tri Mardjoko mengatakan, lomba pidato bahasa Jepang ini diharapkan bisa lebih mengembangkan kemampuan tukar informasi dan pemahaman kebudayaan dari para mahasiswa Indonesia kepada Jepang.

"Dengan tema lalu lintas, kegiatan ini diharapkan juga meningkatkan kualitas pendidikan bahasa Jepang dan kesadaran keamanan lalu lintas di Indonesia," tegas Tri Mardjoko.

Baca juga: 5 Beasiswa S1-S3 ke Jepang, Kuliah Gratis dan Ada Uang Sakunya

Sekretaris Jenderal Persatuan Alumni dari Jepang (Persada), Hideki Amangku mengatakan, melalui kegiatan ini Unsada berupaya mensosialisasikan bahasa Jepang mengingat Indonesia menempati peringkat kedua dunia dalam hal jumlah pembelajar bahasa Jepang.

"Di samping itu, kerja sama ekonomi kita dengan Jepang yang sudah lebih dari 60 tahun juga menjadi latar belakang kegiatan ini," ujarnya.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com