Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Uhamka Gelar Peluncuran Buku, Peresmian Masjid dan Klink, serta Lagu Sang Surya versi Jepang

Kompas.com - 29/10/2022, 13:47 WIB
Yohanes Enggar Harususilo

Penulis

KOMPAS.com - Bertepatan dengan Hari Sumpah Pemuda, Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka (Uhamka) menggelar beberapa kegiatan sekaligus; peluncuran buku Islam Syariat yang ditulis Prof. Haedar Nashir, launching lagu Sang Surya versi Bahasa Jepang dari FKIP Uhamka, serta peresmian Klinik Pratama dan Masjid Kh Hisyam. 

Kegiatan ini merupakan bentuk dukungan kepada para mahasiswa untuk mengembangkan diri bukan hanya dari sisi akademik melainkan juga sisi Al Islam dan Kemuhammdiyahan (AIKA).

Kegiatan dilaksanakan secara hibrid melalui akun resmi Instagram dan Youtube Uhamka serta secara langsung di Aula Ahmad Dahlan Lantai 6 Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP Uhamka), Jumat, 28 Oktober 2022.

Rektor Uhamka Prof. Gunawan Suryoputro dalam sambutan mengungkapkan rasa syukurnya semua tamu dapat hadir untuk memeriahkan dan mengikuti tiga kegiatan yang digelar Uhamka.

“Sebelumnya memang sudah ada tim panitia pembangunan rumah sakit di wilayah Fakultas Kedokteran Uhamka. Hanya saja banyak persyaratan yang harus terpenuhi, diantaranya penambahan lahan dan Alhamdulillah sudah ada penambahan lahan seluas 978m di area itu, yang sekarang ada sudah 11.000m, sehingga kini sudah 12.823m/persegi," jelas Prof. Gunawan.

Terkait peresmian Masjid KH Hisyam, Rektor Uhamka menyampaikan, "Masjid KH Hisyam ini tidak hanya memfasilitasi mahasiswa Pascasarjana namun juga memfasilitasi jama’ah di perkantoran sekitar."

Sementara terkait pengenalan lagu Sang Surya, mars Muhammadiyah, yang disulihbahasakan oleh FIP Uhamka merupakan salah satu upaya internasionalisasi Uhamka menjadi kampus dengan reputasi dunia.

Dalam kesempatan sama, Prof. Haedar Nashir, Ketua Umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah menyampaikan terima kasih dan selamat atas peresmian Masjid KH. Hisyam, Klinik Pratama Uhamka, serta Lagu Sang Surya versi Bahasa Jepang.

Selain itu, ia juga mengucapkan selamat atas berbagai capaian prestasi Rektor Uhamka dan seluruh jajarannya yang telah bekerja keras dalam meraih status Institusi terakreditasi Unggul.

Ia juga menyampaikan terima kasih atas apresiasi Uhamka dalam acara peluncuran buku “Islam Syariat” yang diterbitkan Suara Muhammadiyah. Di lain sisi, ia tidak menyangka jika acara tersebut dihadiri oleh banyak para tamu undangan serta mahasiswa Uhamka.

Baca juga: Ingin Anak Gemar Baca Buku Bahasa Inggris? Dapatkan Kiatnya di Webinar TBI x Kompas.com

Acara ini turut dihadiri segenap pimpinan pusat hingga daerah Muhammadiyah dan Aisyiyah serta ortom di DKI Jakarta, jajaran dekan, dan segenap pimpinan di lingkungan Uhamka, serta mahasiswa.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com