Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Program Visiting Professor, Ukrida Hadirkan Pakar Kurikulum dan Pedagogi Amerika

Kompas.com - 02/12/2022, 18:55 WIB


KOMPAS.com - 
Program Studi Sastra Inggris Ukrida atau yang lebih dikenal dengan Ukrida Department of English (UDE) kedatangan dosen tamu internasional David Wicks dari Seattle Pacific University (SPU), Amerika Serikat.

Program Visiting Professor di Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora Ukrida ini merupakan realisasi kerja sama antara Ukrida SPU. Sebagai salah satu profesor di Fakultas Pendidikan SPU, Wicks memiliki kepakaran di bidang kurikulum dan pengajaran serta kepemimpinan pendidikan digital.

Wicks, yang memiliki kompetensi dalam Pendidikan Online Leadership, mengemukakan kontribusi pendidikan online terhadap pendidikan onsite dan inperson (tatap muka).

Semula pendidikan memang mengacu kepada pendidikan tatap muka, akan tetapi berkat kemajuan teknologi saat ini membuat pendidikan secara online menjadi pilihan yang bisa dikatakan terbaik, terutama di masa pandemi dan kini memasuki era digital.

Wicks yang mengunjungi Prodi Sastra Inggris Ukrida secara periodik selain membimbing pengajaran online, juga ikut mempertajam arah riset para dosen Sastra Inggris. Pada kesempatan kunjungan kali ini, Wicks melakukan mentoring penelitian dan pengembangan kurikulum di Prodi Sastra Inggris.

Wicks juga menjadi salah seorang narasumber dalam workshop yang mengangkat tema "Community of Inquiry: Best Practices for Online/Hybrid Teaching and Learning" yang digelar pada Jumat, 25 November 2022.

Workshop ini diikuti enam universitas, yaitu Universitas Sanata Dharma, Universitas Mahasaraswati, Universitas Sampoerna, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Universitas Ma Chung, dan Ukrida.

Wicks mempresentasikan beberapa hasil penelitiannya terkait pendidikan online yang berbasis pada Community of Inquiry (CoI) Framework yang digagas oleh Garrison, QUEST model, dan Resilient Pedagogy.

Ketiga konsep pembelajaran dan pengajaran online ini sangat diperlukan untuk meningkatkan keberhasilan pembelajaran di era baru pasca pandemi.

Selain Wicks, narasumber yang juga membagikan ilmunya adalah Martha Cleveland-Innes dari Athabasca University (Kanada), dan dari Prodi Sastra Inggris Ukrida Yunias Monika, Ira Rasikawati, serta Siegfrieda AS Mursita Putri.

Baca juga: Profesor University of York Jadi Dosen Tamu The Eurasia Course XI FIS UNJ

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+